Anda Bisa Sumbang Uang untuk Program Pesawat Lokal R80

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 09 Sep 2017 14:56 WIB
teknologi
Anda Bisa Sumbang Uang untuk Program Pesawat Lokal R80
Replika pesawat Regional 80 atau R80. (ANTARA FOTO/Yudhi Mahatma)

Metrotvnews.com, Jakarta: Regio Aviasi Industri (RAI) berusaha untuk mengumpulkan dana untuk membuat pesawat melalui platform crowdfunding Kitabisa. Saat berita ini diturunkan, proyek ini telah mendapatkan lebih dari Rp108 juta sumbangan dana dan masih menerima sumbangan dana hingga 83 hari lagi. 

"Kita punya sejarah patungan beli pesawat ?untuk Indonesia, Dakota RI-001 Seulawah! Sekarang panggilan itu kembali, yuk patungan pesawat R80 untuk Indonesia!" tulis RAI dalam halaman kitabisa. RAI adalah perusahaan yang didirikan oleh Presiden Indonesia ke-3, BJ Habibie, yang bergerak di bidang perancangan, pengembangan dan manufaktur pesawat terbang. 

RAI menjelaskan, Dakota RI-001, yang merupakan pesawat angkut pertama Indonesia, bisa dibeli berkat sumbangan dari masyarakat Aceh. Dengan mengadakan pengumpulan dana ini, mereka ingin bisa membuat pesawat sendiri melalui program R80, yang sudah mendapatkan dukungan dari pemerintah. 



Mulai dari proses perancangan sampai pembuatan, pesawat Regional 80 atau R80 akan dikerjakan oleh orang Indonesia. BJ Habibie akan menjadi arsitek di balik pesawat tersebut. Sementara RAI akan menjadi sponsor dari program ini dan Dirgantara Indonesia (PTDI) akan menjadi pihak yang mengerjakannnya. 

RAI menjelaskan, untuk membuat prototipe dari pesawat R80, diperlukan biaya setidaknya Rp200 miliar. Sementara total biaya pengembangan akan memakan biaya sekitar Rp20 triliun.

Selain melalui pengumpulan dana masyarakat, RAI menyebutkan, dana proyek ini juga dikumpulkan melalui banker investasi dan dibantu oleh pemerintah Indonesia melalui BAPPENAS (Badan Perencanaan Pembangunan Nasional). 

RAI menyediakan hadiah untuk para donatur. Bentuk hadiah akan disesuaikan dengan besar sumbangan. Misalnya, sumbangan Rp100 ribu akan memungkinkan foto donatur ditampilkan di badan pesawat R80. 


(MMI)

Video /