Sambut Sumpah Pemuda, LINE Gelar Kompetisi Stiker Jokowi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 30 Sep 2017 10:06 WIB
jokowiline
Sambut Sumpah Pemuda, LINE Gelar Kompetisi Stiker Jokowi
Kepala Staf Kepresidenan beserta perwakilan dari berbagai platform digital. (MTVN)

Metrotvnews.com, Jakarta: Untuk menyambut Hari Sumpah Pemuda, pemerintah bekerja sama dengan beberapa platform komunikasi untuk mendekatkan diri dengan generasi muda. Beberapa platform itu adalah LINE, Kaskus, Opini.id dan Prambors. Masing-masing platform memiliki program tersendiri terkait anak muda pada bulan depan.

LINE akan membuat stiker dan webtoon edisi Sumpah Pemuda. Untuk membuat stiker dengan gambar Presiden Joko Widodo ini, LINE akan memilih sekitar 15-20 kreator stiker terbaik mereka. Kemudian, pada tanggal 5 Oktober, LINE dan pihak Kantor Staf Kepresidenan akan mengumumkan 5 kreator terbaik pilihan mereka. 

Masyarakat kemudian akan diminta untuk mengambil voting untuk menentukan 3 terbaik dari 5 kreator tersebut. Setelah itu, Jokowi akan memilih satu kreator yang akan keluar jadi pemenang. Stiker dari pemenang akan diluncurkan pada 24 Oktober. Stiker akan bisa diunduh selama 1 bulan dan bisa digunakan selama 3 bulan. 

Business Development Director, LINE Indonesia, Revie Sylvana menjelaskan, stiker Jokowi ini akan menggunakan kata-kata yang menjadi khas sang presiden seperti, "Kerja, kerja, kerja." Salah satu tujuan dari pembuatan stiker ini adalah untuk memberikan pesan positif pada generasi muda, seperti pesan anti-bullying dan juga menekankan pentingnya pluralisme di Indonesia. 

Revie juga menekankan, sejak awal LINE menegaskan bahwa stiker yang dibuat tidak bleh berbau politik. "Dari awal kita tekankan, ini bukan alat politik. Jadi tidak ada angle kampanye," ujarnya saat ditemui di Kantor Staf Kepresidenan, Jumat (29/9/2017). 

Selain stiker, LINE juga akan membuat komik digital edisi khusus sumpah pemuda melalui Webtoon. Komik yang akan memiliki 8 episode itu dinamai "Sepulang Sekolah". Komik itu bercerita tentang 2 pelajar SMA yang magang di istana. 

"Jadi, mereka bisa tahu perkembangan kegiatan pemerintah, seperti perkembangan pembangunan infrastruktur," kata Revie. Dia menjelaskan, komik ini akan dibawakan dengan humor yang kental. "Agar pesan lebih mudah diterima tanpa terkesan menggurui."

Sementara itu, untuk mendorong agar generasi muda bisa menjadi lebih kreatif, pemerintah juga menggandeng Kaskus, yang akan mengadakan diskusi online tentang bagaimana anak muda bisa menjadi kreator di berbagai platform. Sementara Radio Prambos memiliki program Youthober, yang menekankan pada kreator muda kreatif. 

Terakhir yang tidak kalah penting, Opini.id akan memberikan pelatihan pembuatan video pendek di berbagai universitas Indonesia. TUjuannya adalah untuk mengajak kreator digital agar dapat membuat konten komunikasi digital yang kreatif. 


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /