Situs WikiLeaks Dibobol Hacker OurMine

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Sep 2017 12:50 WIB
wikileakscyber security
Situs WikiLeaks Dibobol Hacker OurMine
Pesan yang muncul di halaman depan situs WikiLeaks. (Claire Phipps / Twitter)

Metrotvnews.com: Situs WikiLeaks tampaknya telah diretas oleh grup yang menyebut dirinya OurMine. Sebelum ini, grup tersebut telah menargetkan akun dari orang-orang ternama, seperti CEO, juga akun perusahaan dan situs media. 

Pada hari Kamis pagi, halaman depan dari WikiLeaks.org menampilkan sebuah pesan. Dalam pesan itu tertulis, "Hai, ini OurMine (Grup Keamanan), jangan khawatir, kami hanya menguji... blablablab, oh tunggu, ini bukan tes keamanan! Wikileaks, ingat ketika kalian menantang kami untuk meretas kalian?"

"Anonymous, ingat ketika kalian mencoba untuk melakukan doxing pada kami dengan informasi palsu untuk menyerang wikileaks?" lanjut pesan itu, seperti yang dikutip dari The Verge. "Sekarang kami telah melakukan itu! Satu kelompok untuk mengalahkan kalian semua! Biarkan tagar #WikileaksHack menjadi trending di Twitter!"

Doxing adalah proses pencarian informasi pribadi tentang seseorang atau sebuah organisasi dan merilis informasi tersebut ke internet. 

Pesan dari OurMine ini masih bisa dilihat dari beberapa lokasi pada hari Kamis pagi. Namun, kemudian, sebagian pengunjung situs hanya melihat pesan lain yang menyebutkan bahwa akun WikiLeaks telah ditangguhkan. 

Tahun lalu, OurMine telah meretas akun Twitter CEO Jack Dorsey. Selain itu, mereka juga meretas halaman Quora dari CEO Google Sundar Pichai. Grup ini juga menjadi dalang di balik peretasan yang menargetkan situs-situs seperti Variety dan BuzzFeed, setelah situs media itu merilis artikel yang mengklaim telah mengekspos salah satu anggota grup tersebut. 

Grup yang dikenal meretas akun dengan memanfaatkan password yang pernah dibocorkan juga telah meretas akun media sosial HBO pada bulan Agustus lalu. Sayangnya, ketika ditanya terkait penyerangan ini, juru bicara WikiLeaks tidak langsung menjawab. 


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

21 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.