Situs WikiLeaks Dibobol Hacker OurMine

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 01 Sep 2017 12:50 WIB
wikileakscyber security
Situs WikiLeaks Dibobol Hacker OurMine
Pesan yang muncul di halaman depan situs WikiLeaks. (Claire Phipps / Twitter)

Metrotvnews.com: Situs WikiLeaks tampaknya telah diretas oleh grup yang menyebut dirinya OurMine. Sebelum ini, grup tersebut telah menargetkan akun dari orang-orang ternama, seperti CEO, juga akun perusahaan dan situs media. 

Pada hari Kamis pagi, halaman depan dari WikiLeaks.org menampilkan sebuah pesan. Dalam pesan itu tertulis, "Hai, ini OurMine (Grup Keamanan), jangan khawatir, kami hanya menguji... blablablab, oh tunggu, ini bukan tes keamanan! Wikileaks, ingat ketika kalian menantang kami untuk meretas kalian?"

"Anonymous, ingat ketika kalian mencoba untuk melakukan doxing pada kami dengan informasi palsu untuk menyerang wikileaks?" lanjut pesan itu, seperti yang dikutip dari The Verge. "Sekarang kami telah melakukan itu! Satu kelompok untuk mengalahkan kalian semua! Biarkan tagar #WikileaksHack menjadi trending di Twitter!"

Doxing adalah proses pencarian informasi pribadi tentang seseorang atau sebuah organisasi dan merilis informasi tersebut ke internet. 

Pesan dari OurMine ini masih bisa dilihat dari beberapa lokasi pada hari Kamis pagi. Namun, kemudian, sebagian pengunjung situs hanya melihat pesan lain yang menyebutkan bahwa akun WikiLeaks telah ditangguhkan. 

Tahun lalu, OurMine telah meretas akun Twitter CEO Jack Dorsey. Selain itu, mereka juga meretas halaman Quora dari CEO Google Sundar Pichai. Grup ini juga menjadi dalang di balik peretasan yang menargetkan situs-situs seperti Variety dan BuzzFeed, setelah situs media itu merilis artikel yang mengklaim telah mengekspos salah satu anggota grup tersebut. 

Grup yang dikenal meretas akun dengan memanfaatkan password yang pernah dibocorkan juga telah meretas akun media sosial HBO pada bulan Agustus lalu. Sayangnya, ketika ditanya terkait penyerangan ini, juru bicara WikiLeaks tidak langsung menjawab. 


(MMI)

Video /