Berulah, Siri Kira Despacito Sebagai Lagu Kebangsaan

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 05 Oct 2017 17:45 WIB
apple
Berulah, Siri Kira Despacito Sebagai Lagu Kebangsaan
Siri, asisten digital pada perangkat buatan Apple.

Metrotvnews.com: Asisten digital biasanya dibuat menggunakan kecerdasan buatan yang terkoneksi dengan teknologi internet, fitur itu biasa digunakan untuk membantu menggunanya mengakses aplikasi atau informasi dengan cara yang singkat yaitu cukup bertanya ke asisten digital. Lucunya, fitur tersebut juga bisa melakukan kesalahan dengan memberikan jawaban yang tidak sesuai dari pertanyaan yang diajukan.

Dikabarkan oleh CNET, bahwa beberapa waktu lalu beredar unggahan yang memperlihatkan asisten digital iPhone yaitu Siri melakukan kesalahan fatal namun lucu.

Seorang pengguna mengajukan pertanyaan 'apa lagu kebangsaan Bulgaria?' tapi jawaban yang diperoleh adalah lagu Despacito. Ya, lagu yang kemarin sempat menjadi lagu yang paling banyak diputar pada layanan streaming Spotify.



Perlu diketahui bahwa lagu kebangsaan Bulgaria dalam Bahasa Inggris dibaca sebagai 'Mila Ridino' atau Dear Motherland. Lagu Despacito sendiri adalah lagu berbahasa latin yang dipopulerkan oleh Luis Fonsi, Daddy Yankee, dan Justin Bieber. Banyak spekulasi yang beredar, di antaranya anggapa bahwa lirik lagu tersebut bunyinya serupa dengan judul lagu kebangsaan Bulgaria.

Namun, spekulasi yang paling mendekati adalah anggapan bahawa Siri melakukan kesalahan dalam mengambil informasi dari internet untuk disuguhkan ke pengguna. Spekulasi tersebut berdasarkan pemnafaatan mesin pencarian Microsoft Bing sebagai aplikasi yang dipergunakan Siri untuk mengumpulkan informasi dari internet.

Minggu lalu dikabarkan Apple memutuskan menggandeng Google sebagai mesin pencarian yang mendukung kemampuan Siri.

Pengguna internet yang segera mengetahui tersebut pun mencoba dan melakukan pengujian yang sama pada Wikipedia maupun asisten digital Google. Jawaban yang mereka peroleh ternyata sesuai, Despacito bukan lagu kebangsaan Bulgaria.

Hingga saat ini, pihak Apple tidak memberikan tanggapan atas keanehan yang dilakukan Siri. Namun, tidak menunggu lama, ternyata Siri sudah mengkoreksi jawaban pertanyaan tadi dan menampilkan lagu kebangsaan Bulgaria yang benar.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.