Baterai iPhone 8 Membengkak, Apple Gelar Investigasi

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Sabtu, 07 Oct 2017 11:35 WIB
appleiphone
Baterai iPhone 8 Membengkak, Apple Gelar Investigasi
Contoh iPhone 8 yang baterainya membengkak. (@Magokoro0511 via The Verge)

Metrotvnews.com: Apple punya masalah dengan baterai iPhone 8. Masih belum diketahui apakah masalah ini hanya terjadi di ponsel atau dalam jumlah banyak. 

Satu minggu belakangan, muncul berbagai laporan bahwa baterai iPhone 8 membengkak dan membuat casing terbuka ketika ia sampai di tangan konsumen eqn digunakan selama beberapa hari. Dari berbagai foto yang beredar di media sosial, tampaknya, baterai iPhone 8 membengkak dan membengkokkan layar sehingga ia terpisah dari rangkanya. Sejauh ini, belum ada laporan akan ponsel yang terbakar.

The Verge menyebutkan, saat ditanyai terkait hal ini, Apple hanya menjawab, "Kami tahu, dan kami sedang menyelidikinya."

Laporan pertama muncul di Taiwan. iPhone seorang wanita membengkak ketika ia mengisi baterainya. Sementara seorang pengguna Twitter di Jepang mengunggah berbagai foto dari iPhone 8 yang membengkak. Beberapa hari kemudian, muncul kasus serupa di Tiongkok, Kanada dan Yunani. 
 
Sejauh ini, tampaknya laporan yang muncul tidak lebih dari 10. Kemungkinan, masalah ini hanya memengaruhi sebagian kecil dari jutaan ponsel yang Apple telah jual. Memang, dalam proses manufaktur yang membuat jutaan produk, wajar jika terkadang ada masalah.

Meskipun begitu, setelah apa yang terjadi dengan Galaxy Note 7 tahun lalu, tidak heran jika para pengguna khawatir, terutama karena masalah ini juga menyangkut baterai. Baterai seharusnya tidak membengkak dan masih belum diketahui apa yang menyebabkan pembengkakan pada beberapa iPhone. 

Sam Jaffe, managing director of Cairn Energy Research Advisors berkata, Pembengkakan itu hal yang sangat tidak biasa terjadi pada baterai baru. Ini berarti ada yang salah pada baterai itu.

Jaffe, analis industri menyebutkan, baterai lithium-ion saat ini sudah mencapai daya maksimal yang bisa ia simpan. Jika sebuah perusahaan berusaha untuk melebihkan daya pada baterai, bisa jadi hal ini justru akan membuatnya berisiko korslet.

Saat ini, masih belum diketahui apa penyebab masalah pada baterai iPhone 8. Jaffe memperkirakan, para eksekutif Apple menghadapi masalah ini dengan sangat serius. Namun, dia menyebutkan, belum tentu baterai yang membengkak ini akan berujung pada masalah layaknya Galaxy Note 7. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.