Drone DJI Kini Bisa Terbang Tanpa Koneksi Internet

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 03 Oct 2017 11:54 WIB
dronedji
Drone DJI Kini Bisa Terbang Tanpa Koneksi Internet
Drone DJI bakal bisa terbang tanpa koneksi internet

Metrotvnews.com: Produsen drone DJI akhirnya merilis fitur baru yang diklaim bisa meningkatkan keamanan drone dari serangan siber.

Fitur bernama Local Data Mode tersebut akan memungkinkan pengguna drone DJI untuk mengoperasikan drone tanpa harus terkoneksi dengan jaringan internet. Pihak DJI mengatakan, fitur ini akan sangat berguna bagi pengguna drone DJI di kalangan pemerintah atau korporasi.

"DJI menghadirkan Local Data Mode ini sebagai bentuk respon positif terhadap kebutuhan pelanggan enterprise kami, sehingga mereka bisa mengoperasikan drone buatan kami di seluruh dunia dengan aman," ujar Vice President of Policy and Legal Affairs DJI, Brendan Schulman dalam keterangan resmi kepada Metrotvnews.com.

"DJI berkomitmen penuh untuk melindungi data para pelanggan kami Local Data Mode akan memberikan kepastian untuk perlindungan data tersebut."

Meski demikian, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan oleh Anda jika ingin menggunakan fitur baru ini. Karena fitur ini memutus koneksi internet pada drone, lokasi Anda jadi tidak akan terdeteksi pada sistem DJI. Tidak hanya itu, Anda juga akan bisa menerbangkan drone di berbagai tempat karena sistem geofencing tidak lagi berfungsi, sehingga tanggung jawab Anda dalam menerbangkan drone akan semakin besar.

Sementara data berupa video dan foto yang berhasil direkam oleh drone akan tersimpan secara lokal di drone. Meski demikian, Anda masih memiliki pilihan untuk mengunggah konten tersebut ke internet. Tentu saja seluruh tanggung jawab ada di tangan Anda.

Fitur baru ini juga tidak akan tersedia untuk pengguna di seluruh dunia. Pihak DJI mengatakan beberapa negara memiliki regulasi tersendiri mengenai drone, sehingga ada beberapa wilayah yang penggunanya tidak bisa menggunakan fitur ini.

Local Data Mode tampaknya merupakan jawaban langsung DJI setelah drone-nya dilarang digunakan di kalangan militer Amerika Serikat. Hal tersebut terjadi karena drone DJI dikatakan bisa dibobol oleh hacker, sehingga bisa dikontrol dan dicuri kontennya melalui jaringan internet.


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.