Perangkat Ini Sulap M.2 SSD Anda Jadi USB Flash Disk

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 11 Oct 2017 17:20 WIB
teknologi
Perangkat Ini Sulap M.2 SSD Anda Jadi USB Flash Disk
Silverstone MS09

Metrotvnews.com: Masih protes dengan kecepatan USB flash disk yang lambat? Mungkin perangkat yang satu ini bisa menjadi solusi bagi Anda.

Perangkat bernama Silverstone MS09 ini memungkinkan Anda untuk mengubah M.2 SSD menjadi sebuah USB flash disk. Tentu saja performa merupakan fitur utama yang ditawarkan di perangkat ini. Sebagaimana yang telah diketahui, M.2 SSD merupakan media penyimpanan baru untuk PC dan laptop yang memiliki kecepatan transfer data tinggi.

M.2 SSD sendiri ada beberapa jenis yang memiliki kecepatan transfer berbeda. Ada yang menggunakan interface SATA, lalu ada yang menggunakan NVMe drive dengan konektivitas melalui PCIe.

M.2 SSD yang menggunakan interface SATA memiliki kecepatan transfer data yang tidak berbeda dengan SSD SATA lainnya. Sementara M.2 NVMe PCIe SSD memiliki kecepatan transfer data yang jauh lebih kencang.

Silverstone mengatakan perangkat ini untuk mereka yang ingin memperbarui M.2 SSD dari tipe SATA ke NVMe PCIe. Dengan demikian, mereka masih bisa menggunakan M.2 SSD lamanya.

Silverstone MS09 menggunakan casing berbahan aluminium agar panas bisa disebarkan dengan baik ketika digunakan. Selain itu, perangkat ini juga kompatibel dengan M.2 SSD yang menggunakan form factor hingga 80mm, serta sudah menggunakan USB 3.1 Gen 2 Type-A. Namun, ia hanya mendukung penggunaan M.2 SSD SATA. Perangkat ini dijual seharga USD39 atau sekitar Rp500 ribu.


(MMI)