Persaingan Makin Keras, Google Tutup Akses YouTube di Perangkat Amazon

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 06 Dec 2017 11:50 WIB
amazon
Persaingan Makin Keras, Google Tutup Akses YouTube di Perangkat Amazon
Amazon Echo Show merupakan perangkat smart speaker buatan Amazon dengan tambahan berupa layar sehingga bisa memiliki fitur dan akses untuk konten video.

Jakarta: Belakangan Google dan Amazon semakin berdekatan dan bersaing langsung. Mereka bersaing di layanan digital dan perangkat pintar seperi asisten digital serta perangkat smart home.

Hari ini persaingan tersebut semakin keras. Setiap pengguna perangkat smart home buatan Amazon, yaitu Fire TV dan Echo Show tidak bisa lagi mengakses layanan YouTube. Mereka akan mendapatkan pemberitahuan bahwa keputusan tersebut berlaku mulai 1 Januari 2018.

Dilaporkan oleh Business Insider, pihak Google menyatakan keputusan tersebut berdasarkan kegagalan negosiasi kerja sama antara Google dan Amazon. Pihak Amazon dianggap tidak mematuhi kerja sama awal yang terjalin.

"Kesepakatan kami adalah kami saling bertukar akses layanan di antara konsumen kami tapi Amazon justru tidak menyediakan akses layanan mereka ke perangkat konsumen kami," ungkap informan dari Google. Amazon disebut tidak menyediakan akses layanan seperti Amazon Prime Video ke perangkat Chromecast dan Google Home.

Di sisi lain persaingan keduanya juga berimbas pada kerja sama bisnis Google dan Amazon beberapa tahun belakangan. Di tahun 2015 diketahui Amazon tidak lagi menjual perangkat Chromecast di situs mereka. Begitu juga dengan perangkat smart home merek Nest yang juga saudara dari Google.

Penyataan CEO Amazon Jeff Bezos tahun lalu juga semakin kuat menandakan persaingan keras antara Google dan Amazon. Tahun lalu Amazon berhenti menjual perangkat smart home Google dan Apple dengan alasan bahwa kedua pihak tidak mau menyertakan aplikasi layanan Amazon di dalam perangkat tersebut.

Kini dipastikan bahwa Amazon dan Google tengah membuka babak baru persaingan di natara keduanya.


(MMI)