Agar Mudah Dipantau, Facebook Buat Messenger Khusus Anak

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 05 Dec 2017 08:04 WIB
facebook
Agar Mudah Dipantau, Facebook Buat Messenger Khusus Anak
Messenger Kids, aplikasi messenger buatan Facebook yang ditujukan untuk pengguna berusia di bawah 13 tahun.

Jakarta: Kehadiran internet dan penggunaannya oleh anak-anak saat ini sudah tidak dapat dihindari. Solusinya adalah dengan tetap menyediakan aplikasi yang aman untuk mereka sehingga tetap bisa dipatau oleh orang tua.

Dikutip dari Android Authority, Facebook sudah menyiapkan aplikasi Messenger untuk pengguna dari usia di bawah 13 tahun, yang akan dirilis beberapa bulan mendatang untuk Android. Saat ini aplikasi tersebut masih tersedia untuk iOS di awasan Amerika Serikat.

Serupa seperti YouTube Kids, aplikasi Messenger Kids sudah dimodifikasi agar memberikan pengalaman penggunaaan khusus untuk anak-anak. Mulai dari tamplan yang berwarna serta beragam efek animasi yang bisa dipergunakan sehingga percakapan lebih menyenangkan.



Untuk memantau penggunaannya, aplikasi ini aktif lewat akun Facebook milik orangtua mereka. Dalam blog milik Facebook, dijelaskan akun Facebook milik orangtua dipergunakan untuk otentifikasi saja. 

Orangtua cukup memasang aplikasi Facebook Messenger Kids di perangkat anak-anak mereka dan login menggunakan akun tadi, lalu pilih mode untuk anak-anak.  Anak-anak tetap tidak memiliki akses ke Facebook orang tua mereka.



Salah satu fitur keamanan lain yang diunggulkan aplikasi ini adalah setiap ada akun Facebook yang ingin berteman dengan menambahkan kontak Messenger Kids maka akun sang orangtua akun mengetahuinya dan mereka yang mengontrol.

Meskipun terdengar aneh, tapi orang tua seorang anak pengguna Messenger Kids sebelumnya harus terlebih dahulu berteman dengan akun Facebook orangtua lainnya sehingga kontak masing-masing anak mereka bisa bertemu di Messenger Kids.

Facebook menjanjikan Messenger Kids tidak akan menampilkan iklan dan fitur transaksi in-app purchase, serta tidak menyimpan data anak pengguna aplikasi tersebut. Seperti yang diketahui di internet anak-anak tidak pernah aman, di luar negeri banyak kasus predator anak yang berawal dari perkenalan lewat media sosial.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /