Samsung Masih Raja Pasar Indonesia, Xiaomi di Peringkat 5

Cahyandaru Kuncorojati    •    Kamis, 23 Nov 2017 14:54 WIB
teknologi
Samsung Masih Raja Pasar Indonesia, Xiaomi di Peringkat 5
Penjualan unit smartphone sangat berpengaruh terhadap market share sebuah vendor atau merek di industri smartphone.

Jakarta: International Data Corporations merilis data hasil pengamatan industri smartphone di Indonesia untuk kuartal ke-3 tahun 2017.

IDC menyebutkan sekitar 7,2 juta ponsel masuk ke Indonesia selama kuartal ke-3 tahun ini. Jumlah ini disebutkan berkurang cukup signifikan. Jumlah tersbeut berkurang sebesar 8,6 persen di bandingkan kuartal sebelumnya dan berkurang 1,1 persen dibandingkan kuartal ke-3 di tahun 2016.

Namun, IDC menyebutkan bahwa harga jual meningkat cukup drastis, yaitu 9 persen dibandingkan kuartal sebelumnya, dan 31 persen jika dibandingkan dengan kuartal yang sama di tahun lalu.



Penurunan jumlah dan peningkatan harga tersebut terlihat sejak perayaan Hari Lebaran yang jatuh pada kuartal ke-2. Meskipun begitu, banyak vendor yang memanfaatkan kondisi ini untuk menyiapkan perangkat baru yang akan dirilis pada kuartal ke-4.

Berdasarkan data sekaligus infografis yang ditampilkan IDC, Samsung masih di peringkat 1 dalam daftar 5 merek smartphone terpopuler. Samsung menguasai pangsa pasar 30 persen. 

Di belakangnya ada Oppo di peringkat 2 dengan pangsa pasar 25,5 persen. Menariknya salah satu merek lokal berhasil masuk dan duduk di peringkat yang sangat memuaskan. Advan berhasil duduk di peringkat 3 bermodal market share sebesar 8,3 persen.

Vivo yang sama agresifnya seperti Oppo dalam beriklan harus puas duduk di peringkat 4 dengan pangsa pasar 7,5 persen. Xiaomi yang memiliki penggemar yang cukup heboh di Indonesia berada di posisi 5, menguasai market share 6,2 persen.

Smarphone di kelas low-end dilihat IDC masih sangat populer di Indonesia, dengan porsi market share sebesar 47 persen. Disusul kelas menengah yang memiliki pangsa pasar 32 persen. 


(MMI)

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD
Review Smartphone

Nokia 2, Smartphone Paling Terjangkau dari HMD

1 week Ago

Nokia 2 merupakan smartphone kelas pemula dari HMD. Ini ulasan tentang kelebihan dan kelemahann…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.