Minuman Ini Ikut Jajal Terbang ke Mars

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 27 Nov 2017 10:29 WIB
air telah ditemukan di mars
Minuman Ini Ikut Jajal Terbang ke Mars
Mantan astronot NASA Clay Anderson memberikan kemungkinan mewujudkan obsesi Budweiser untuk membudidayakan bahan pembuatan bir di Planet Mars.

Jakarta: Hampir semua pihak berlomba  terbang ke planet Mars dan berencana membangun koloni di sana. Jika hal itu terlaksana, harus ada bahan makanan yang bisa diproduksi dan dikonsumsi di planet itu.

Merek minuman bir Budweiser adalah salah satu yang sangat terobsesi untuk bisa membudidayakan tanaman gandum di Mars. Rencana yang diumumkan sejak awal tahun ini beberapa hari lalu mulai mendapatkan titik terang.

Peneliti di Budweiser akan mengirimkan sampel tanaman gandum, bahan utama pembuatan bir dalam kargo yang dibawa terbang oleh roket SpaceX milik Elon Musk. Langkah ini rencananya akan dilaksanakan pada tanggal 4 Desember 2017 dari Pangkalan Udara Cape Canaveral di Florida, Amerika Serikat.

Gandum bakal bir tadi akan ikut terbang mengikuti orbit ke Stasiun Luar Angkasa Internasional selama 1 bulan, sebelum kembali ke bumi untuk dianalisis hasilnya. Peneliti bir di Budweiser ingin menemukan dampak dari gaya gravitasi yang ringan terhadap perkembangan gandum tadi.

Beberapa peneliti Budweiser juga akan diterbangkan ke Stasiun Luar Angkasa Internasional. Mereka akan melakukan analisis di labortatorium di sana. Di tahun 2011 merek bernama Ardberg juga pernah melakukan hal yang hampir sama. Perbedaannya, Adberg mengirimkan bir yang sudah siap minum ke ke Stasiun Luar Angkasa Internasional.

Meskipun obsesi Budweiser terlihat seperti bagian dari iklan atau usaha agar namanya populer, langkah ini bisa menjadi kontribusi dalam usaha manusia membangun koloni di planet merah tersebut.


(MMI)