Pemerintah Tiongkok Pantau Aktivitas Internet Militer

Cahyandaru Kuncorojati    •    Jumat, 24 Nov 2017 18:11 WIB
teknologicyber security
Pemerintah Tiongkok Pantau Aktivitas Internet Militer
Meskipun menjadi besar beberapa tahun belakangan berkat internet tapi Tiongkok masih menerapkan pemantauan terhadap isi internet termasuk aktifitas warga negaranya di dunia maya.

Jakarta: Jika beberapa waktu lalu tentara Rusia dilarang melakukan selfie dalam tugas, kini tentara Tiongkok yang aktivitas di dunia internet akan dipantau oleh pemerintahnya demi keamanan negara.

Dilaporkan Business Insider bahwa pemerintah Tiongkok sudah membuat sebuah situs khusus bagi warga sipil untuk membuat laporan atau berita terkait dokumen serta berita palsu yang terkait militer Tiongkok.

Meskipun kebijakan baru ini sebetulnya tidak mengherankan, langkah Tiongkok kali ini menjadi bukti mereka ingin memantau aktifitas internet di negaranya, baik bisnis digital, warga sipil, dan dan kalangan militer.

Siapapun juga bisa membuat aduan terkait aktivitas personil militer yang akan membahayakan kerahasiaan militer Tiongkok. Bahkan menurut media lokal di negara tersebut sudah disiapkan sebuah software yang bisa mencari dan mendeteksi personil militer Tiongkok yang membuat unggan berisi informasi rahasia di internet.

Tidak berhenti disitu saja, setiap konten yang bersinggungan dengan Partai Komunis Tiongkok juga akan diburu. Banyak pihak di luar Tiongkok beranggapan hal ini berkaitan dengan pernyataan Presiden Tiongkok Xi Jinping yang ingin memperkuat pertahanan siber negaranya.

Larangan penggunaan media sosial di kalangan personil militer Tiongkok sudah dicabut sejak tahun 2016, namun mereka diingatkan untuk menggunakan layanan yang terenkripsi. 

Tahun lalu Reuters melaporkan ada seorang staf IT di pemerintahan Tiongkok yang divonis hukuman mati karena menjual dokumen penting pemerintah Tiongkok ke mata-mata negara lain. Pihak Tiongkok mengakui setelah mencurigai jumlah perjalanan luar negeri dan kekayaan orang tersebut yang tidak jelas.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /