Prancis Larang Penuh Penggunaan Ponsel di Mobil

Cahyandaru Kuncorojati    •    Selasa, 06 Feb 2018 19:48 WIB
teknologi
Prancis Larang Penuh Penggunaan Ponsel di Mobil
Ponsel sudah dianggap menjadi salah satu faktor penyebab kecelakaan lalu lintas karena digunakan saat berkendara.

Jakarta: Prancis menjadi negara yang tegas mencegah kecelakaan lalu lintas akibat menggunakan ponsel pintar sambil berkendara, setelah mengumumkan larangan penuh menggunakan ponsel di jalan termasuk saat mobil bergenti.

Dikutip dari media setempat, The Local, dijelaskan bahwa pemerintah Perancis ingin menurunkan tingkat kecelakaan secara signifikan di negaranya. Jadi, meskipun mobil menepi atau sedang berhenti akibat macet pengendara tetap dilarang menggunakan ponsel.

Apabila ketahuan dan melanggar, maka pengendara akan menerima sanksi berupa catatan merah pada surat izin mengemudi selama 3 tahun dan denda EUR135 (Rp2,2 juta). Bagaimana kita bisa menggunakan ponsel? Syaratnya mereka harus berada di dalam area parkir.

Namun, perlu diketahui bahwa peraturan ini berlaku bagi pengendara yang menggunakan ponselnya dengan tangannya, bukan bagi pengguna hands-free. Penggunaan ponsel juga hanya diperkenankan saat kendaraannya mengalami masalah di tepi jalan.

Pemerintah Prancis memberlakukan kebijakan ketat ini didorong oleh kasus kematian akibat kecelakaan lalu lintas berupa penggunaan ponsel saat berkendara yang mencapai sekitar 3.500 kasus di tahun 2017.

Rasanya sulit untuk bisa mengimplementasikan kebijakan semacam ini di Indonesia mengingat momen kemacetan lalu lintas justru menjadi momen yang berkontribusi terhadap durasi akses internet.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.