Google I/O 2018

Kamera Android Generasi Terbaru Bakal Punya Google Lens

Lufthi Anggraeni    •    Kamis, 10 May 2018 12:10 WIB
google
Kamera Android Generasi Terbaru Bakal Punya Google Lens
Google berencana mengintegrasikan Google Lens pada aplikasi kamera di ponsel Android generasi terbaru.l

Jakarta: Google dilaporkan memiliki ambisi lebih besar untuk menghadirkan potensi Google Lens sepenuhnya di masa mendatang.

Lens sebelumnya ditambahkan ke Google Photos pada awal tahun ini, sehingga pengguna dapat mengindentifikasi obyek dan teks berbeda di foto dan memperoleh informasi dari database milik Google.

Sementara itu, pada update terkini Lens yang akan hadir pada akhir bulan Mei mendatang, Google berupaya menjadikannya lebih serba guna dan mampu menghadirkan pengalaman penggunaan yang nyaman.

Lens akan diimplementasikan pada layanan dan aplikasi Google lainnya, seperti Google Maps dan Street View.

Selain itu, Google Lens juga direncanakan untuk dihadirkan secara langsung pada aplikasi kamera pada ponsel generasi terbaru karya sejumlah produsen smartphone yang menggunakan sistem operasi karya Google, termasuk Asus, Motorola, Xiaomi, LG, Sony, Nokia, dan OnePlus.

Salah satu fitur menarik yang didemokan pada ajang Google I/O 2018 adalah kemampuan Google Lens untuk mengenali teks pada gambar.

Dalam gaya serupa dengan Google Translate, menggunakan Optical Character Recignition (OCR), Lens memungkinkan pengguna untuk memindai kata dari gambar dan menyalinnya pada perangkat dalam format teks yang dapat diedit.

Style Match merupakan fitur baru lain yang dipamerkan pada ajang Google I/O 2018, memungkinkan Lens untuk memindai gambar bahan kain dan menemukan artikel terkait dengan pakaian dan aksesori yang mungkin sesuai dan selaras dengan bahan kain tersebut.

Visi utama Google untuk Lens, yaitu untuk menghadirkan kemampuan lebih baik dari contoh-contoh ini. Vice President of Product for AR, VR, and vision-based products Google Aparna Chennapragada menyebut Google bertujuan untuk menjadikan Google Lens sebagai peramban visual guna membantu menampilkan dunia di sekitar pengguna.

Dengan demikian, dengan mengakses aplikasi kamera terintegrasi Lens dan mengarahkannya pada obyek, pengguna akan dapat memperoleh informasi dengan lebih mudah. Google menyebut fitur baru Google Lens ini akan mulai digulirkan dalam beberapa bulan mendatang.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.