Microsoft akan Tanam Rp68,8 Triliun untuk IoT dalam 4 Tahun

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 05 Apr 2018 16:08 WIB
microsoftinternet of things
Microsoft akan Tanam Rp68,8 Triliun untuk IoT dalam 4 Tahun
Microsoft akan berinvestasi di bidang IoT dalam waktu 4 tahun ke depan. (AFP PHOTO / GERARD JULIEN)

Jakarta: Microsoft mengumumkan bahwa mereka akan menanamkan investasi USD5 miliar (Rp68,8 triliun) untuk mengembangkan produk, layanan dan program Internet of Things (IoT) dalam waktu empat tahun ke depan. 

Pengumuman ini muncul satu minggu setelah Microsoft melakukan perombakan organisasi sehingga mereka akan lebih fokus pada produk dan layanan "cloud cerdas" Windows, lapor ZDNet

Sayangnya, Microsoft tidak mengungkap berapa banyak uang yang telah mereka keluarkan untuk mengembangkan IoT hingga saat ini.

Corporate Vice President of Azure, Julia White berkata melalui blog post bahwa Microsoft berencana untuk terus mengembangkan sistem operasi IoT (yang didasarkan pada Windows 10), layanan cloud untuk mengatur perangkat-perangkat IoT tersebut dan analitik untuk mendapatkan insight atau informasi dari perangkat IoT itu. 

Beberapa tahun belakangan, Microsoft memang memanfaatkan IoT untuk mendorong bisnis Azure mereka. Tahun lalu, dalam konferensi developer Build, Microsoft menjadikan "edge computing" sebagai salah satu tema utamanya. 

Edge computing memungkinkan data yang dikumpulkan oleh perangkat IoT diproses sedekat mungkin dengan perangkat itu sendiri, tanpa harus dikirimkan ke data center atau cloud. Edge computing memungkinkan perusahaan menganalisis data penting hampir real-time

Beberapa perangkat yang dianggap sebagai "edge device" -- perangkat yang mengumpulkan data -- antara lain headset Augmented Reality HoloLens, smartphone, dan PC. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.