Netgear Pro Gaming XR500 Pasang Koneksi Kencang untuk Main Game

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 09 Apr 2018 14:11 WIB
netgear
Netgear Pro Gaming XR500 Pasang Koneksi Kencang untuk Main Game
Netgear Pro Gaming XR500.

Jakarta: Berkembangnya tren esport atau game online membuat koneksi internet menjadi salah satu faktor penentu kenyamanan bermain. Melihat kebutuhan tersebut, produsen router Netgear tidak mau melewatkannya.

Netgear akhirnya merilis produk router gaming pertamanya dari rumpun Nighthawk, Netgear Pro Gaming XR500. Melihat desainnya, router ini memang hadir dengan bentuk yang lebih menarik dari seri router Netgear lainnya, dan masih dilengkapi empat buah antena.

Router ini hadir dengan prosesor 1,7GHz dengan jenis koneksi Wi-Fi standar 802.11ac berteknologi MU-MIMO kapasitas dual-band AC2600 yang memadukan 2,4GHz (800 Mbps) dan dua frekuensi 5GHz (1733 Mbps).

Pada bagian belakang tersedia lima port Gigabit Ethernet yang terdiri dari empat port LAN dan satu port WAN.

Berbekal sistem operasi dari DUMA OS, router gaming Netgear ini menyajikan antarmuka yang sederhana, tapi tidak polos seperti biasa, serta beragam fitur yang memang ditujukan untuk kebutuhan gaming.

DUMA OS menyediakan dashboard berisi fitur geo-filtering yang memungkinkan penggunaan koneksi internetnya untuk terhubung ke server lokal game yang dimainkan. Hal ini membuat koneksi jauh lebih cepat dengan latency yang lebih rendah.

Pada dashboard tersebut juga menampilkan seluruh infomasi kualitas koneksi internet yang terhubung. Informasi ini tentunya sangat bermanfaat bagi gamer yang sangat perfeksionis dan detil dengan kualitas koneksi internet serta pengaruhnya terhadap performa permainan.

Lalu ada juga fitur QoS (Quality of Service) yang membuat penggunanya bisa membatasi konsumsi bandwith internet pada perangkat lain yang terhubung, misalnya kecepatan unduh dan kecepatan unggah.

Fitur keamanan router juga masih berlaku di router gaming ini. Netgear melengkapi sistem keamanannya dengan fitur VPN yang mencegah informasi identitas atau data permainan pengguna dicuri lewat jenis serangan DDoS.

Tentu saja router ini merangkum fitur layaknya router kelas high-end, apalagi segmennya ditujukan untuk aktivitas gaming. Jadi tidak mengherankan apabila harganya tergolong cukup tinggi, sekitar USD300 atau Rp4,1 juta.


(MMI)

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2
Review Smartphone

Begini Performa Ponsel Selfie Xiaomi Redmi S2

2 weeks Ago

Xiaomi masuk industri smartphone selfie dengan merilis Xiaomi Redmi S2. Begini performanya. …

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.