Startup Montir Ingin Mudahkan Layanan Servis Kendaraan

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 04 Jul 2018 17:52 WIB
startup
Startup Montir Ingin Mudahkan Layanan Servis Kendaraan
Montir menawarkan orang yang memperbaiki datang ke tempat pelanggan.

Jakarta: Montir mendapatkan pendanaan Seri A dari East Ventures. Meski tidak disebutkan jumlah pendanaan yang didapat, Montir menyebutkan bahwa dana segar ini akan digunakan untuk mencapai tujuan mereka yaitu menjadi solusi terbaik dalam kebutuhan servis otomotif.

Didirikan pada 2016, Montir adalah perusahaan yang menawarkan layanan bengkel ke rumah pelanggan sesuai dengan perminaan pelanggan.

Didirikan oleh Mikhail Laurus dan Dennis Eka Putra, Montir memiliki tujuan untuk menawarkan proses servis kendaraan yang lebih nyaman dan sederhana.

"Indonesia akan memiliki lebih dari 129 juta kendaraan di jalan dengan 80 persen berupa sepeda motor dan 20 persen mobil. Montir memecahkan masalah inefisiensi dalam industri otomotif yang sedang tumbuh," kata Wilson Cuaca, Managing Partner East Ventures.

Salah satu masalah yang ada dalam industri servis kendaraan adalah proses yang panjang dan tidak efisien. Tidak jarang, pelanggan harus menghabiskan waktu berjam-jam atau bahkan berhari-hari untuk memperbaiki kendaraan mereka.

Masalah inilah yang ingin Montir selesaikan. Pasar yang menjadi target Montir juga cukup menjanjikan. Diperkirakan, pasar perbaikan kendaraan di Jakarta mencapai USD1 miliar.

"Jika pemilik mobil pergi ke bengkel resmi, dia akan mendapat kualitas yang baik tapi harga mahal. Sementara jika pergi ke bengkel tidak resmi, harganya akan lebih murah tapi kualitas layanan dipertanyakan," kata Mikhail. "Montir ingin memberikan yang terbaik dari keduanya."

Mikhail menyebutkan bahwa proses penggunaan Montir mudah. Pelanggan dapat mengunjungi situs Montir dan menjelaskan masalah yang mereka hadapi juga jadwal untuk berkonsultasi.

Penasehat dari Montir akan datang untuk memeriksa mobil dan memberi saran berupa layanan atau suku cadang yang perlu dibeli.

"Setelah disetujui, kami akan kirim suku cadang tersebut serta tenaga ahli untuk melakukan servis mobil di lokasi mereka," kata Mikhail.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.