Google Gulirkan Patch Keamanan untuk Pixel dan Nexus

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 05 Jun 2018 09:36 WIB
google
Google Gulirkan Patch Keamanan untuk Pixel dan Nexus
Google mulai menggulirkan patch keamanan edisi bulan Juni, berisi perbaikan permasalahan dan peningkatan kemampuan.

Jakarta: Google dilaporkan mulai menggulirkan patch keamanan edisi bulan Juni untuk perangkat Pixel dan sejumlah perangkat Nexus. Patch dengan versi tanggal 1 Juni 2018 ini berisi perbaikan untuk 20 kerentanan yang ditemukan pada perangkat Google tersebut.

Sementara itu, patch dengan versi tanggal 5 Juni 2018 berbekal perbaikan untuk menangani 38 kerentanan. Google menyebut bahwa belum ada pengguna perangkatnya yang telah melaporkan bahwa perangkat mereka terinfeksi oleh permasalahan tersebut.

Menurut Android Security Bulletin, tingkat keparahan kerentanan tersebut berkisar dari kritikal hingga tinggi. Bulletin menambahkan bahwa kerentanan dengan tingkat bahaya tertinggi yaitu kerentanan keamanan kritikal pada framework Media.

Kerentanan berbahaya ini memungkinkan penyerang dari jarak jauh untuk mengeksekusi kode arbitari menggunakan file yang dibuat secara khusus. Selain itu, patch keamanan Juni ini juga berbekal update terkait sejumlah fungsi, dan bukan permasalahan keamanan.

Update terkait fungsi tersebut termasuk performa Bluetooth LE lebih baik untuk perangkat Pixel dan Nexus, kemampuan antena beralih jaringan pada kondisi lemah untuk Pixel 2 dan Pixel 2 XL, kemampuan konektivitas Wi-Fi lebih baik dengan akses poin Wi-Fi tertentu untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, Pixel 2 XL.

Selain itu, update tersebut termasuk IMEI software version number (SVN) menampilkan secara akurat sebagai nomor untuk Pixel, Pixel XL, Pixel 2, dan Pixel 2 XL. Update ini juga berbekal konsistensi layar Always-On, dan sensor proximity lebih baik untuk Pixel 2 XL.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.