Huawei Tengah Garap Lubang di Layar untuk Kamera

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 20 Jul 2018 15:26 WIB
huawei
Huawei Tengah Garap Lubang di Layar untuk Kamera
Huawei dilaporkan tengah mengembangkan smartphone berdesain unik dengan lubang di bagian layar.

Jakarta: Informasi yang diedarkan oleh media asal Korea Selatan, Huawei tengah mengembangkan smartphone berdesain unik yang diklaim berpotensi mengakhiri era desain layar berponi.

Desain ini hadir dengan lubang di bagian layar untuk kamera, berukuran lebih kecil dan dikelilingi oleh seluruh sisi. Tidak menempatkan kamera di bagian desain poni layar, GSM Arena menyebut, teknisi Huawei ingin menghilangkan kamera dari bezel bagian atas.

Hal ini ditujukan agar Huawei dapat menghadirkan lebih banyak layar di bagian depan dan menghilangkan poni pada layar. Sayangnya, konsep ini dinilai akan menghadirkan permasalahan yang sepenuhnya baru.

Sebagai contoh, cara aplikasi berfungsi dan cara ruang layar tambahan akan dimanfaatkan. Selain itu, desain yang digambarkan oleh ETNews menampilkan bahwa Huawei memanfaatkan bezel sangat tipis sebagai lokasi penyematan speaker telepon, sensor ambient, dan sensor proximity.

Desain tersebut dinilai sama uniknya dengan solusi desain yang diusung Vivo dan Oppo, meski desain dua produsen smartphone lainnya lebih elegan. Sebagai informasi, Vivo menghadirkan desain kamera serupa periskop pada NEX S.

Sedangkan Oppo mengunggulkan desain geser dengan memanfaatkan tuas mekanik pada kamera Find X.

Laporan lainnya menyebut bahwa smartphone ini akan hadir dengan layar 6,39 inci berpanel LCD, dan diperkirakan akan diluncurkan pada kuartal empat tahun ini, selaras dengan peta jalan Huawei tahun lalu.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.