Spotify Tetap Pertahankan Layanan Gratis

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 11 Apr 2018 11:11 WIB
spotify
Spotify Tetap Pertahankan Layanan Gratis
Spotify. (Thomas Trutschel/GETTY IMAGES)

Jakarta: Pengguna Spotify pasti mengetahui bahwa layanan terseut menyediakan dua versi yakni berbayar dan gratis. Layanan berbayar tentu saja menjadi salah satu sumber pendapatan bagi sebuah layanan streaming.

Menariknya, Spotify justru menyatakan tetap ingin menyediakan layanan gratis, bahkan akan memperbaruinya dalam waktu dekat. Ini menurut informasi investor Spotify dari Northzone Venture bernama Par-Jorgen Parson dalam wawancara dengan Bloomberg.

Alasan pihak Spotify mengambil langkah tersebut karena layanan gratis mereka merupakan kesempatan potensial untuk mendorong pengguna layanan gratis beralih ke layanan berbayar.

Seperti yang diketahui, pada layanan Spotify gratis, penggunanya bisa mendengarkan seluruh musik dengan diselipkan iklan-iklan dan mendengar musik mode acak.

Berbeda dengan layanan berbayar yang menyediakan kebebasan bagi pengguna Spotify mendengar setiap lagu secara on-demand dan tanpa dijejali potongan iklan. 

Pihak Spotify sendiri mengaku bahwa jumlah pengguna layanan berbayar tidak sebanyak pengguna gratis. Di tahun 2017, ada sekitar 71 juta pengguna layanan berbayar atau berlanggan, berbeda jauh dibandingkan pengguna layanan gratis yang mencapai 157 juta.

Meskipun begitu, jumlah pelanggan berbayar tersebut membantu 90 persen pendapatan Spotify di tahun 2017 sebesar Rp69 miliar. Spotify memprediksi bahwa jumlah pengunanya akan terus tumbuh dengan kondisi pengguna layanan gratis akan terus bertambah dan juga berkontribusi terhadap peningkatan jumlah pengguna pelanggan berbayar.

Menurut Spotify sendiri, model bisnis ini masih sesuai, melihat YouTube yang juga menyediakan layanan gratis yang dijejali iklan, dan YouTube Red yang berbayar dengan layanan bebas iklan. Spotify tampaknya meanggap YouTube adalah kompetitor serius di layanan musik streaming.


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

1 day Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.