Pemerintah dan Operator Berupaya Pulihkan Jaringan Komunikasi di Donggala

Lufthi Anggraeni    •    Jumat, 28 Sep 2018 22:25 WIB
teknologi
Pemerintah dan Operator Berupaya Pulihkan Jaringan Komunikasi di Donggala
Pasca gempa di Donggala, Sulawesi Tengah, sebanyak 276 base station tidak dapat digunakan.

Jakarta: Gempa bumi tektonik berkekuatan 7,7 SR yang terjadi di Donggala, Sulawesi Tengah pada pukul 17.02 WIB, menyebabkan jaringan telekomunikasi di wilayah tersebut tidak dapat beroperasi akibat terputusnya pasokan listrik.

Direktorat Jenderal Penyelenggaraan Pos dan Informatika menyebut, berdasarkan pemantauan hingga pukul 18.00 WIB, sebanyak 276 base station pada wilayah Donggala dan sekitarnya tidak dapat digunakan untuk aktivitas telekomunikasi.

Saat ini, operator telekomunikasi dilaporkan dalam tahap memulihkan pasokan listrik menggunakan Mobile Backup Power (MBP), sembari menunggu jaringan listrik berhasil dipulihkan oleh pihak PLN. Selain pihak operator, permasalahan ini juga telah mendapatkan respons dari pemerintah.

Menteri Komunikasi dan Informatika Rudiantara telah menugaskan BAKTI Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informatika (BAKTI) untuk mengirimkan 30 unit telepon satelit, guna mendukung koordinasi penanganan bencana di wilayah bencana tersebut.

Tidak hanya itu, Kementerian Kominfo bekerja sama dengan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) juga telah mengirimkan informasi gempabumi melalui SMS ke pengguna ponsel di daerah Donggala dan sekitarnya pada hari Jumat sejak pukul 14.09 WIB.

SMS Blast terkait dengan informasi gempa bumi ini dikirimkan sebanyak 7 kali, sedangkan pesan singkat (SMS) terkait peringatan dini tsunami dikirim Kemenkominfo dan BMKG pada pukul 17.02 WIB.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.