Samsung Hadapi Masalah Baru Galaxy Note 7

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 23 Sep 2016 08:10 WIB
galaxy note 7
Samsung Hadapi Masalah Baru Galaxy Note 7
Samsung tidak menarik Galaxy Note 7 di Tiongkok. (AP Photo / Gregory Bull, File)

Metrotvnews.com: Saat Samsung mengumumkan penarikan Galaxy Note 7 dalam skala global, Tiongkok merupakan pengecualian. Tiongkok sendiri merupakan pasar smartphone terbesar di dunia dan merupakan salah satu pasar penting untuk Samsung.

Namun, belum lama ini, muncul 2 laporan yang mengklaim bahwa Galaxy Note 7 di Tiongkok terbakar. Dari 2 laporan itu, Samsung membantah salah satunya.

Di hari Senin lalu, Samsung berkata bahwa mereka telah melakukan "analisa mendalam" pada Galaxy Note 7 yang dilaporkan terbakar dan mereka menemukan bahwa sumber kebakaran berasal dari luar ponsel dan bukannya baterai perangkat itu sendiri. 

Galaxy Note 7 lain dilaporkan terbakar di hari Senin, menurut media nasional Tiongkok. Samsung tidak segera berkomentar tentang kejadian ini, seperti yang dilaporkan CNN Money.

Samsung mengumumkan penarikan Galaxy Note 7 pada tanggal 2 September. Namun, Samsung tidak menarik Galaxy Note 7 di Tiongkok dengan alasan smartphone yang beredar tidak memiliki masalah seperti yang dihadapi oleh Note 7 yang ada di negara-negara lain.

Badan regulasi Tiongkok minggu lalu mengumumkan penarikan lebih dari 1.800 unit Note 7 yang diduga memiliki baterai bermasalah yang telah dijual di Tiongkok sebelum peluncuran resmi. Hal ini membuat Samsung dianggap tidak memperlakukan pelanggan mereka di Tiongkok dengan adil.

Fang Xindong, Director dari International Internet Research Institute di Shantou University menuduh Samsung menggunakan standar yang berbeda pada smartphone yang diluncurkan di Tiongkok dibandingkan dengan unit yang mereka luncurkan di negara Barat.

Dalam sebuah pernyataan resmi, Samsung berkata bahwa mereka tetap berkomitmen untuk mengembangkan dan mendesain produk dan layanan yang sesuai dengan permintaan masyarakat Tiongkok, sehingga dapat memberikan pengalaman penggunaan produk terbaik untuk pelanggan Tiongkok.

Namun, netizen Tiongkok tidak begitu saja percaya pada Samsung. Setelah Samsung mengeluarkan pernyataan itu, seorang netizen menulis di Weibo, menuduh bahwa Samsung "bermain curang di Tiongkok."


(MMI)

Video /