Bulan Mars Segera Hancur?

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 06 Oct 2016 23:41 WIB
antariksa
Bulan Mars Segera Hancur?
Mars dan Phobos (NASA)

Metrotvnews.com: Apakah Anda mengira benda antariksa besar seerti Bulan tidak akan hancur? Jika ya, maka perkiraan Anda salah.

Ilmuwan baru-baru ini merilis teori yang mengatakan bulan dari Mars, yaitu Phobos akan hancur. Hancurnya Phobos telah diprediksi melalui berbagai tanda fisik yang berada di permukaannya, yang disebabkan oleh gravitasi Mars.

Menurut Popular Science, ilmuwan memperkirakan Phobos akan hancur setidaknya dalam waktu 30 hingga 50 juta tahun yang akan datang. Tenggang waktu tersebut tergolong cepat jika dibandingkan dengan benda antariksa besar lain yang umurnya diperkirakan masih miliaran tahun.

Ilmuwan sebenarnya telah melihat tanda-tanda hancurnya Phobos melalui guratan dan patahan vertikal yang banyak ditemukan di permukaannya.

Guratan dan patahan tersebut awalnya diperkirakan berasal dari benturan dengan meteorit atau objek antariksa lain. Setelah diteliti, guratan dan patahan pada Phobos menunjukkan bulan dari Mars tersebut akan segera hancur dan ditarik oleh gravitasi Mars yang lebih kuat.

Ilmuwan baru-baru ini juga menemukan fakta baru menganai Phobos. Fakta tersebut mengatakan Phobos bukan merupakan objek besar yang keras dan padat seperti kelihatannya.

Phobos ternyata merupakan kumpulan dari batuan kecil yang mengelilingi Mars, kemudian ditutupi oleh debu kosmik. Hal tersebut membuatnya sangat tidak stabil dan mudah hancur.

Demi meneliti bulan Mars ini lebih jauh, ilmuwan dari Jepang akan meluncurkan wahana antariksa khusus untuk mengamati Phobos. Wahana antariksa tersebut rencananya meluncur tahun 2022.


(MMI)

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan
Review Smartphone

Oppo F7, Kamera Bagus Berkat Kecerdasan Buatan

9 hours Ago

Oppo menghadirkan pengalaman menggunakan kamera dan hasil foto yang baik dan menyenangkan, berk…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.