Bulan Mars Segera Hancur?

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 06 Oct 2016 23:41 WIB
antariksa
Bulan Mars Segera Hancur?
Mars dan Phobos (NASA)

Metrotvnews.com: Apakah Anda mengira benda antariksa besar seerti Bulan tidak akan hancur? Jika ya, maka perkiraan Anda salah.

Ilmuwan baru-baru ini merilis teori yang mengatakan bulan dari Mars, yaitu Phobos akan hancur. Hancurnya Phobos telah diprediksi melalui berbagai tanda fisik yang berada di permukaannya, yang disebabkan oleh gravitasi Mars.

Menurut Popular Science, ilmuwan memperkirakan Phobos akan hancur setidaknya dalam waktu 30 hingga 50 juta tahun yang akan datang. Tenggang waktu tersebut tergolong cepat jika dibandingkan dengan benda antariksa besar lain yang umurnya diperkirakan masih miliaran tahun.

Ilmuwan sebenarnya telah melihat tanda-tanda hancurnya Phobos melalui guratan dan patahan vertikal yang banyak ditemukan di permukaannya.

Guratan dan patahan tersebut awalnya diperkirakan berasal dari benturan dengan meteorit atau objek antariksa lain. Setelah diteliti, guratan dan patahan pada Phobos menunjukkan bulan dari Mars tersebut akan segera hancur dan ditarik oleh gravitasi Mars yang lebih kuat.

Ilmuwan baru-baru ini juga menemukan fakta baru menganai Phobos. Fakta tersebut mengatakan Phobos bukan merupakan objek besar yang keras dan padat seperti kelihatannya.

Phobos ternyata merupakan kumpulan dari batuan kecil yang mengelilingi Mars, kemudian ditutupi oleh debu kosmik. Hal tersebut membuatnya sangat tidak stabil dan mudah hancur.

Demi meneliti bulan Mars ini lebih jauh, ilmuwan dari Jepang akan meluncurkan wahana antariksa khusus untuk mengamati Phobos. Wahana antariksa tersebut rencananya meluncur tahun 2022.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

4 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /