India Siap Tanam SIM ke Smartphone

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 12 Sep 2016 10:13 WIB
india
India Siap Tanam SIM ke Smartphone
Pemerintah India mendorong masyarakat menyimpan dokumen resmi di cloud dan smartphone.

Metrotvnews.com: Pemerintah India mengumumkan kesiapannya untuk pengendara kendaraan bermotor dalam menyimpan dokumen pada smartphone mereka. Dengan syarat, informasi tersebut tersimpan pada ruang penyimpanan cloud.

Hal ini memungkinkan pengemudi menyimpan salinan digital dari surat izin mengemudi dan dokumen pendaftaran mobil pada ponsel, seperti yang dilaporkan Mashable. Namun, pengemudi harus memasang aplikasi bernama Digilocker pada perangkat dan mendaftar pada layanan tersebut.

Dokumen yang telah terkonfirmasi akan memudahkan pihak kepolisian India saat melakukan pemeriksaan. India meluncurkan Digilocker pada tahun lalu, mendorong masyarakat untuk menyimpan dokumen resmi termasuk dokumen identifikasi, kartu ID pemilih, dan ijazah universitas di cloud.

Digilocker bertujuan mengurangi pengeluaran administratif dan mempermudah dokumentasi di pemerintahan. Sistem serupa juga diterapkan oleh pemerintah negara bagian Iowa, Amerika Serikat, mendorong masyarakat menyimpan versi elektronik dari SIM pada ponsel. Sistem ini berfungsi serupa dengan boarding pass di banyak penerbangan.

Demikian juga pada wilayah Inggris, dilaporkan tengah mengembangkan kartu cerdas yang dapat digunakan di seluruh transportasi publik. Awal tahun ini, industri teknologi dan transportasi dilaporkan diberikan tengat waktu selama delapan tahun untuk mewujudkan kartu cerdas ini.


(MMI)

Video /