Ini Alasan Apple Tidak Tanam Pembaca SD Card di MacBook Pro

Riandanu Madi Utomo    •    Kamis, 03 Nov 2016 18:16 WIB
applemacbook
Ini Alasan Apple Tidak Tanam Pembaca SD Card di MacBook Pro
MacBook Pro terbaru tidak punya slot pembaca SD Card

Metrotvnews.com: Apple baru saja merilis MacBook Pro terbaru beberapa hari yang lalu. Laptop terbaru Apple ini tidak hanya hadir dengan berbagai fitur baru, tetapi juga menimbulkan beberapa kontroversi.

Salah satu kontroversi yang masih diperbincangkan hingga saat ini adalah hilangnya pembaca SD Card di MacBook Pro terbaru. Melihat banyaknya respon negatif dari konsumen, Senior VP Apple, Phil Schiller, pun angkat bicara.

Dalam wawancara oleh Independent, Schiller memaparkan alasan Apple mengapa MacBook Pro terbaru tidak hadir dengan slot SD Card. Menurutnya, slot tersebut akan membuat MacBook Pro lebih tebal. Selain itu, slot pembaca SD Card juga dikatakan bisa memakan banyak ruang yang seharusnya bisa digunakan oleh komponen lainnya.

Selain kendala teknis, Schiller juga memaparkan alasan lain pihaknya menghilangkan slot pembaca SD Card di MacBook Pro. Berdasarkan penuturan Schiller, saat ini SD Card sudah mulai jarang digunakan karena fotografer profesional saat ini telah menggunakan CompactFlash atau XQD Card. Fotografer juga biasanya memiliki pembaca kartu sendiri.

Alasan selanjutanya adalah kamera modern saat ini telah hadir dengan fitur wireless. Jadi bagi Apple, slot pembaca SD Card sudah seharusnya tidak dihadirkan lagi di MacBook Pro.

MacBook Pro terbaru memang hadir dengan berbagai perubahan. Beberapa yang paling kontroversial adalah Touch Bar yang menggantikan tombol functions, serta hilangnya berbagai port dan slot yang kini diganti dengan empat buat USB Type-C.

Meski banyaknya kontroversi yang beredar, Schiller justru menanggapinya dengan santai. Menurutnya, perdebatan dan kontroversi adalah wajar dalam produk Apple karena sebuah inovasi dan perubahan tidak bisa hadir tanpa kontroversi.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.