Ini Dia jajaran Ponsel yang Bakal Adopsi Snapdragon 835

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 28 Nov 2016 17:00 WIB
qualcomm
Ini Dia jajaran Ponsel yang Bakal Adopsi Snapdragon 835
Belum lama diperkenalkan, sejumlah smartphone yang akan meluncur tahun depan diklaim didukung oleh Snapdragon 835.

Metrotvnews.com: Qualcomm telah resmi memperkenalkan prosesor terbarunya, yaitu Snapdragon 835, yang menggunakan teknologi 10nm milik Samsung. Kehadiran produk ini disambut baik oleh sejumlah pihak berkat kemampuan lebih baik yang membekalinya.

Pihak Qualcomm mengklaim produknya tersebut akan berbekal kemampuan untuk meningkatkan efisiensi sebesar 30 persen, dengan performa 20 persen lebih baik atau dengan konsumsi daya 40 persen lebih rendah. Selain itu, chipset ini juga berbekal teknologi Quick Charge 4.0.

Chipset ini diklaim sebagai prosesor pertama di dunia, yang diciptakan dengan proses 10nm. sejumlah perangkat karya produsen smartphone dunia pun telah dirumorkan akan didukung oleh Qualcomm Snapdragon 835 ini.

Samsung Galaxy S8 yang diperkirakan akan meluncur pada tahun 2017 mendatang, menjadi perangkat pertama yang dirumorkan akan didukung oleh Snapdragon 835. Hal ini karena Samsung merupakan perusahaan teknologi yang membantu Qualcomm dalam membuat prosesor ini.

Samsung Galaxy S8 akan menggunakan Snapdragon 835 dengan CPU Kyro octa-core. Belum diketahui secara pasti kecepatannya secara spesifik, prosesor tersebut akan mendukung clock lebih tinggi dari 3,2GHz.

Namun, beredar kabar bahwa Oppo akan menyalip rencana Samsung untuk menjadikan Galaxy S8 sebagai smartphone pengguna Snapdragon 835 pertama di pasaran.

Oppo disebut akan meluncurkan Find 9, yang juga akan menggunakan prosesor terbaru Qualcomm tersebut pada kuartal pertama tahun 2017, sebelum prediksi peluncuran Samsung Galaxy S8 pada kuartal kedua tahun depan.

Tidak hanya Oppo dan Samsung, persaingan di ranah perangkat pengguna prosesor ini juga dikabarkan akan dimeriahkan oleh smartphone karya Microsoft, yaitu Surface Phone. Ponsel cerdas berlayar 5,5 inci QHD ini dijadwalkan rilis pada akhir tahun 2017 mendatang.

Smartphone lain yang dikabarkan akan mengusung Snapdragon 835 adalah Xiaomi Mi 6. Ponsel cerdas karya perusahaan asal Tiongkok ini diprediksi analis iSuppli akan meluncur bersamaan dengan peluncuran global Samsung Galaxy S8, atau sekitar bulan Maret tahun depan.

Namun, konsumen masih harus menunggu pergantian tahun untuk membuktikan kebenaran informasi pembekalan Qualcomm Snapdragon ini pada perangkat tersebut.


(MMI)

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s
Review Smartphone

Menjajal Lebih dalam Polytron Prime 7s

5 days Ago

Polytron Prime 7s hadir dengan desain tipis dan ringan serta berkesan elegan, namun didukung ba…

BERITA LAINNYA
Video /