WiFi Mungkin akan Gunakan Sinar Infra Merah

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 20 Mar 2017 10:23 WIB
internet
WiFi Mungkin akan Gunakan Sinar Infra Merah
Nantinya, WiFi mungkin akan menggunakan sinar infra merah. (Android Authority)

Metrotvnews.com: Kebanyakan jaringan WiFi menawarkan kecepatan yang lebih tinggi dari jaringan seluler pada ponsel. Namun, masih ada banyak masalah dalam teknologi WiFi yang digunakan sekarang ini. Misalnya, jika terlalu banyak orang yang menggunakan jaringan WiFi yang sama, kecepatan mengunduh akan melambat.

Telah beredar kabar bahwa ada proposal untuk mengembangkan teknologi WiFi baru yang menggunakan cahaya infra merah untuk memancarkan data, lapor Android Authority.

Proposal ini dibuat oleh Joanne Oh, murid PhD di Eindhoven University of Technology di Belanda. Idenya adalah untuk menggunakan cahaya infra merah untuk memancarkan data. Sekilas, ide ini memiliki potensi besar.

Secara teori, sinar infra merah dapat memancarkan data dengan kecepatan hingga 40Gbps per cahaya. Sementara setiap "antena cahaya" dapat memancarkan lebih dari satu sinar. Masing-masing sinar itu akan menghubungkan satu smartphone atau tablet.

Kecepatan tidak akan turun jika banyak perangkat terhubung ke satu stasiun. Selain itu, sinar infra merah tidak akan mengalami interferensi dari sinyal radio.

Namun, konsep ini bukannya tidak memiliki masalah. Sinar infra merah tidak bisa menembus tembok seperti sinyal WiFi biasa. Jadi, untuk dipasang di rumah, jaringan WiFi berbasis sinar infra merah harus memasang antena di setiap rumah.

Selain itu, proposal ini baru menguji kecepatan mengunduh sementara kecepatan pengunggahan masih menggunakan radio WiFi standar.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /