Baterai Jenis Baru Punya Daya 20 Kali Lebih Besar

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 23 Nov 2016 12:18 WIB
teknologi
Baterai Jenis Baru Punya Daya 20 Kali Lebih Besar
Para peneliti UCF sedang melakukan penelitian tentang super kapasitor. (University of Central Florida)

Metrotvnews.com: Para peneliti dari University of Central Florida (UCF) telah membuat prototipe baterai kapasitor super yang bekerja seperti baru bahkan setelah diisi ulang sebanyak 30 ribu kali.

Penelitian ini dapat menciptakan bateria berkapasitas tinggi dengan pengisian super cepat yang dapat bertahan 20 kali lebih lama dari baterai lithium-ion biasa.

"Anda bisa mengisi baterai ponsel Anda selama beberapa detik dan Anda tidak perlu mengisi baterainya lagi selama lebih dari satu minggu," kata Nitin Choudhary, peneliti postdoctoral UCF.

Menurut Endgadget, kapasitor super dapat terisi dengan cepat karena ia menyimpan listrik pada permukaan material dan bukannya menggunakan reaksi kimia seperti pada baterai pada umumnya.

Untuk itu, diperlukan lapisan material "dua dimensi" dengan permukaan lebar yang dapat menyimpan banyak elektron. Pada sebagian besar penelitian ini, material dua dimensi yang digunakan adalah graphene

Namun, Yeonwoong "Eric" Jung dari UCF mengatakan, menggabungkan graphene dengan material lain yang digunakan pada kapasitor super adalah tantangan tersendiri. Karena itulah timnya membungkus material metal 2 dimensi (TMD) di sekitar kabel nano 1 dimensi yang sangat konduktif, memungkinkan elektron berpindah dari inti ke pembungkus dengan cepat. 

"Kami mengembangkan pendekatan perpaduan kimia sehingga kami bisa mengintegrasikan material yang ada dengan material dua dimensi," kata Jung.

Saat ini, penelitian ini masih berada dalam tahap awal dan belum siap untuk dikomersilkan. Tapi ia terlihat menjanjikan. Tim UCF kini sedang berusaha untuk mematenkan proses ini. Meskipun tetap terbuka kemungkinan penelitian ini berakhir sia-sia seperti pengembangan baterai baru lainnya, penelitian tentang kapasitor super tetaplah penelitian yang patut dilakukan.

Jika penelitian ini dapat dikomersilkan, ia dapat membuat mempercepat waktu pengisian mobil listrik dari berjam-jam menjadi beberapa menit saja. Ia juga dapat digunakan untuk membuat smartphone yang bertahan lama dan diisi dalam hitungan detik. Pada akhirnya, ia dapat mengurangi ketergantungan masyarakat pada bahan bakar minyak.


(MMI)

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power
Review Smartphone

Mengulik Ponsel Berdaya 13 Jam LG X Power

1 week Ago

LG X Power memang memiliki baterai yang awet dan dapat mengisi baterai dengan cepat. Sayangnya,…

BERITA LAINNYA
Video /