Malware Baru MacOS Bisa Eksploitasi Sistem Windows Lama

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 13 Feb 2017 08:51 WIB
apple
Malware Baru MacOS Bisa Eksploitasi Sistem Windows Lama
Peneliti menemukan malware macOS baru yang memanfaatkan sistem Windows generasi lama untuk dapat masuk ke perangkat.

Metrotvnews.com: Peneliti keamanan siber dilaporkan menemukan dua malware macOS baru dan terpisah, yang mengandalkan sistem Windows generasi pendahulu, untuk dapat mengakses laptop dan mencuri data.

Salah satu serangan yang didokumentasikan oleh perusahaan software Obective-See, mengeksploitasi teknik Windows yang tersembunyi dan mengeksekusi kode berbahaya menggunakan makro dokumen Word.

The Next Web juga melaporkan peretasan ini mengelabuhi pengguna untuk membuka dokumen Word terinfeksi, dan kemudian menjalankan makro berbahaya setelah file dimuat. Namun, cukup mudah untuk mengidentifikasikan file yang terinfeksi sebelum membukanya.

Saat pengguna membuka file Word berisi makro, perangkat akan meminta izin terlebih dahulu. Menolak memberikan izin disebut cukup ampuh untuk mencegah penyebaran malware.

Namun, jika pengguna memilih 'Run', malware akan menyebar dan peretas dapat memata-matai atau menghimpun riwayat browsing, ataupun melakukan infeksi sekunder dengan mengunduh malware tambahan.

Selain itu, terdapat juga serangan yang memanfaatkan keharusan pengguna untuk mengunduh update software, digantikan dengan software palsu. Malware yang terunduh melalui cara ini akan mengumpulkan Keychain pengguna, serta username, password dan informasi penting lainnya.

Cara terbaik untuk menghindari serangan tersebut dengan tidak mengunduh software dari pihak ketiga atau situs tidak dipercaya. Sementara itu, cara teraman untuk mengunduh update adalah langsung dari App Store atau situs resmi kreator aplikasi.


(MMI)

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan
Review Keyboard

Corsair K63, Keyboard Mekanis Murah Bukan Murahan

6 days Ago

Corsair K63 merupakan salah satu keyboard gaming paling menarik di tahun ini. 

BERITA LAINNYA
Video /