Google Play Terima Perubahan Tampilan

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 03 Dec 2018 11:15 WIB
google
Google Play Terima Perubahan Tampilan
Google mulai menggulirkan update untuk antarmuka pengguna aplikasi Google Play.

Jakarta: Google telah mempersiapkan perubahan desain antarmuka pengguna aplikasi Google Play sejak awal tahun 2018. Baru pada bulan Desember ini, raksasa teknologi tersebut siap menggulirkan versi stabil dari perubahan tersebut ke masyarakat luas.

Desain baru ini mengadopsi pendekatan lebih sederhana, dengan tampilan lebih rapi dan lebih bergaya. Perubahan tersebut telihat dari laci navigasi yang ini eksklusif hanya untuk aplikasi dan game.

Sementara itu, shortcut untuk aplikasi media seperti Play Movies & TV dan Play Music dipindahkan ke menu hamburger atau menu dengan ikon tiga garis horisontal yang tersusun, di bagian menu Settings.

Saat menelusuri menu secara lebih mendalam, pengguna akan menemukan tema antarmuka pengguna lebih terang, selaras dengan bahasa Material Design, yang telah Google fokuskan selama beberapa tahun terakhir.

Menu My apps & games serta Settings kini tampil dengan warna putih dan warna hijau sebagai warna aksen. Sayangnya, menu My apps & games kini tidak didukung oleh opsi pencarian di sudut kanan atas.

Menu Account juga menerima perubahan dengan tata letak baru, dan kini hadir dengan tampilan berupa tab, bukan daftar serupa tampilan sebelumnya. Sementara itu, menu Wishlist kini dikelompokan dengan menu Notifications dan Subscriptions di menu geser hamburger.

Versi baru ini hadir sebagai versi 12.6.13, dan pengguna dapat mengupdate dan melakukan restart pada aplikasi untuk dapat memperoleh pembaruan tersebut.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.