Penjualan iPhone Melambat, Foxconn Kena Getahnya

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 11 Jan 2017 16:36 WIB
foxconn
Penjualan iPhone Melambat, Foxconn Kena Getahnya
Foxconn umumkan penurunan keuntungan akibat perlambatan distribusi iPhone.

Metrotvnews.com: Foxconn Technology Group mengumumkan penurunan penjualan tahunan pertamanya sejak tahun 1991. Penurunan ini dilaporkan sebagai dampak dari perlambatan penjualan smartphone Apple, yaitu iPhone.

Selama tahun 2016, Foxconn mengumumkan perolehan keuntungannya mencapai USD136,38 miliar atau sekitar Rp1.815,7 triliun, menurun sebesar 2,81 persen dari tahun lalu, seperti laporan ZDNet.

Apple menyumbang separuh dari bisnis induk perusahaan Foxconn, yaitu Hon Hai Pecision Industry. Perlambatan permintaan di pasar smartphone berdampak pada penurunan pemesanan kepada Foxconn.

Namun, penjualan selama bulan Desember lalu dilaporkan mengalami peningkatan 9,76 persen jika dibandingkan dengan tahun sebelumnya. Hal ini dinilai akibat tingginya permintaan terhadap iPhone 7 Plus.

Analis Vincent Chen mencatat sebanyak 207 juta iPhone didistribusikan selama tahun 2016, menurun dari pendisribusian 236 juta pada tahun 2015. Sementara itu, Pegatron sebagai pemasok sekunder Apple dan pesaing Foxconn melaporkan penurunan keuntungan sebesar 27 persen jika dibandingkan dengan satu tahun lalu.

Tidak hanya dialami oleh pemasok Apple, penurunan keuntungan penjualan juga dialami Apple, mulai sejak tahun 2001. Sementara penurunan jumlah pendistribusian perangkat pertama kali dialami Apple pada tahun 2008.

Analis memprediksi pendistribusian iPhone akan meningkat pada tahun 2017 ini, berkat peluncuran iPhone 8. Sebab ponsel terbaru Apple ini dinilai mengusung perbedaan signifikasi dibandingkan iPhone 7.

iPhone 8 dirumorkan akan hadir dengan bodi berbalut bahan kaca di bagian depan dan belakangnya. Selain itu, ponsel ini juga akan mengusung rangka baja yang akan diapit bahan kaca tersebut.


(MMI)

Sennheiser 4.20s, Terjangkau dan Nyaman
Review Headset

Sennheiser 4.20s, Terjangkau dan Nyaman

4 days Ago

Sennheiser 4.20s ditujukan untuk perangkat mobile sehingga ia memiliki desain ringkas, memudahk…

BERITA LAINNYA
Video /