Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bandung Gelar Tahap Workshop

Lufthi Anggraeni    •    Rabu, 22 Feb 2017 18:27 WIB
startupdigitalnkri
Gerakan Nasional 1000 Startup Digital Bandung Gelar Tahap Workshop
Gerakan Nasional 100 Startup Digital Bandung memasuki tahap workshop.

Metrotvnews.com, Jakarta: Gerakan Nasional 100 Startup Digital di Bandung telah memasuki tahap workshop. Pada tahap ini, peserta akan mendapatkan materi tambahan terkait Design Thinking, Business Model, dan Market Validation.

Materi tambahan tersebut ditujukan untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis, mengasah kemampuan untuk mengindentifikasi masalah para peserta. Selain itu, materi ini diharapkan dapat membantu peserta dalam memetakan permasalahan serta membekali mereka dengan pengetahuan terkait bisnis model dan pengembangannya.

Pada hari pertama tahap ini, peserta yang telah dibentuk ke dalam tim disuguhin materi Design Thinking, terfokus pada identifikasi dan pemetaan masalah yang ingin dipecahkan, hingga peserta menemukan alternatif solusi untuk masalah tersebut.

Sementara itu, hari kedua akan diisi oleh materi terkait Market Validation dan Business Model. Dengan materi ini, peserta diminta untuk memvalidasikan kesesuaian  solusi alternatif yang dihasilkan berdasarkan pemetaan masalah tersebut untuk masyarakat.

“Market Validation bertujuan untuk menemukan kecocokan antara market yang ada dengan produk dari bisnis yang kita punya. Hal ini sangat penting karena tentu kita ingin bisnis yang kita bangun hidup dari bisnis yang kita jalani itu sendiri,” ujar pembicara materi Market Validation serta CEO Kakatu, Muhamad Nur Awaludin.

Berdasarkan data Business Insider, perencanaan Market Validation merupakan hal penting dalam pembangunan bisnis. Hal ini mengharuskan pelaku bisnis mencari tahu produk yang diinginkan pasar.

Kemudian, peserta juga telah belajar bagaimana membuat Business Model yang tepat atas solusi mereka, setelah menentukan target pasar.

Tahap Workshop di Kota Bandung ini menghadirkan tiga mentor yang mumpuni di bidang teknologi, kreatif, dan startup, yaitu Fadli Wilihandarwo, CEO Pasienia, Muhamad Nur Awaludin, CEO Kakatu, dan Ihsan Akhirulsyah, CEO eFishery.

Setelah tahap ini, peserta akan melanjutkan ke tahap Hcksprint, guna membuat prototipe dari produk yang ingin dibuat, dan dibantu sejumlah mentor.


(MMI)

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya
Review Smartphone

Lenovo K6 Power, Saat Baterai adalah Segalanya

11 hours Ago

Melihat sepak terjang Lenovo selama ini, mereka tampaknya sadar betul bahwa konsumen Indonesia …

BERITA LAINNYA
Video /