Ini Bukti Adanya Laut di Bawah Permukaan Pluto

Riandanu Madi Utomo    •    Jumat, 18 Nov 2016 10:52 WIB
antariksa
Ini Bukti Adanya Laut di Bawah Permukaan Pluto
Pluto punya laut di bawah permukaannya

Metrotvnews.com: Ilmuwan baru-baru ini menemukan bukti lain bahwa ada laut raksasa di bawah lapisan permukaan es di Pluto.

Bukti tersebut muncul setelah sebuah data pengamatan menunjukkan adanya pergeseran permukaan Pluto yang cukup signifikan. Setelah diteliti, ilmuwan menduga, fenomena tersebut disebabkan oleh bulan milik Pluto yaitu Charon.

Menurut Telegraph, ilmuwan NASA memperkirakan gaya gravitasi dari Charon telah menyebabkan gelombang pasang surut di Pluto, sama seperti pengaruh gravitasi Bulan terhadap Bumi. Temuan tersebut merupakan hasil penelitian dari obeservasi yang telah dilakukan oleh wahana antariksa New Horizon tahun lalu.

New Horizon kini telah berada 587 juta kilometer dari Pluto untuk melakukan observasi di luar galaksi yang akan dimulai tahun 2019.

Hasil penelitian ilmuwan NASA kali ini baru saja dipublikasikan. Penelitian tersebut berfokus pada area seluas 965 kilometer yang berada di bagian kiri dari kawah berbentuk hati yang ada di Pluto. Area ini dinamakan Sputnik Planitia. Nama tersebut diambil dari nama salah satu satelit legendaris Rusia yang diluncurkan pada tahun 1957.

Pengamatan di Sputnik Planitia menunjukkan adanya pergerakan massal di permukaan Pluto. Pergerakan tersebut bahkan diperkirakan bisa menyebabkan munculnya lubang pada permukaan Pluto. Setelah diteliti, Sputnik Planitia ternyata merupakan wilayah yang sejajar dengan arus pasang surut yang ada di Pluto.

Bukti tersebut membuat peneliti menarik kesimpulan bahwa Pluto memiliki lapisan cairan di bawah permukaannya. Lapisan cairan yang diduga sebagian besar berupa nitrogen tersebut membuat permukaan Pluto mengapung dan saat gelombang pasang surut tiba, permukaan tersebut mengalami pergeseran.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.