Menonton Video Ini Bisa Bikin iPhone Rusak

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 23 Nov 2016 10:51 WIB
appleiphone
Menonton Video Ini Bisa Bikin iPhone Rusak
Ditemukan sebuah video yang dapat membuat iPhone crash. (AP Photo/Tony Avelar, File)

Metrotvnews.com: Minggu ini, kualitas software iOS dari Apple kembali dipertanyakan setelah ditemukannya sebuah video berdurasi 5 detik yang akan membuat iPhone menjadi tidak bisa digunakan.

Pengguna forum internet, Reddit, menemukan bug ini kemarin. Untuk mengaktifkan bug ini, seorang pengguna iPhone hanya perlu mengklik sebuah tautan file MP4 dan menonton video pendek tersebut.

The Verge telah menguji bug ini pada iPhone yang menggunakan iOS 10.1 terbaru dan juga iPhone yang menggunakan beta iOS 10.2. Hasilnya, semua iPhone tersebut mendadak terhenti tidak lama setelah digunakan menonton video itu.

Tautan ke video ini bisa dikirimkan via iMessage. Ketika Anda mengklik tautan tersebut, iOS 10 akan menjalankannya di video player default. Tampaknya, video itu bermasalah, karena ia menyebabkan proses berulang (looping) yang membuat iPhone rusak 10 detik setelah menonton video tersebut.

Jika iPhone Anda crash, satu-satunya cara untuk memulihkannya adalah dengan menekan tombol power dan tombol home pada saat yang bersamaan untuk melakukan hard reset. Setelah iPhone kembali menyala, ia akan bekerja dengan normal.

Kali ini bukanlah pertama kalinya sebuah crash bug ditemukan di iOS. Tahun lalu, sekumpulan SMS dapat menonaktifkan aplikasi iMessage pada iPhone.

Apple juga sempat membahas tentang masalah yang ada di iOS 8.4. Sementara di tahun ini, Safari sempat mendadak mati karena masalah pada software yang untungnya, cepat diselesaikan. 

Apple belum memberikan komentar tentang hal ini. Satu hal yang pasti, jika Anda mendapatkan pesan berupa tautan ke file MP4, sebaiknya Anda berhati-hati.


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.