Apple akan Rilis iPhone SE 2 Semester Satu 2018?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 23 Nov 2017 11:29 WIB
appleiphoneiphone se
Apple akan Rilis iPhone SE 2 Semester Satu 2018?
Apple dikabarkan akan rilis iPhone SE baru tahun depan. (Digital Trends)

Jakarta: Apple meluncurkan iPhone SE pada bulan Maret tahun lalu. Smartphone tersebut menyasar orang-orang yang masih menyukai smartphone layar kecil dengan harga yang lebih terjangkau.

Apple terakhir kali memberikan upgrade pada bulan Maret lalu, dengan menyediakan varian memori internal baru. Sudah waktunya Apple meluncurkan iPhone SE baru dengan prosesor dan kamera baru. 

Setelah muncul desain konsep dari iPhone SE 2, kini China Economic Daily melaporkan bahwa Apple akan meluncurkan iPhone SE 2 dengan layar 4 inci, sama seperti pendahulunya.

Smartphone yang disebutkan akan diluncurkan pada semester pertama tahun depan itu akan dihargai USD450 (Rp6,1 juta). Harga tersebut sama dengan harga iPhone SE ketika pertama kali luncurkan. 

Ponsel yang disebut iPhone SE 2 itu akan secara eksklusif dibuat oleh manufaktur asal Taiwan, Wistron di pabrik mereka di Bengaluru, India. Pabrik itu juga membuat sebagian dari iPhone SE yang ada saat ini.

Ini sesuai dengan rumor yang beredar sebelumnya, yang menyebutkan iPhone SE baru akan meluncur pada kuartal pertama 2018. Kuartal pertama dimulai pada bulan Januari dan berakhir pada bulan Maret. 

Sebelum ini, situs asal India, Tekz24 melaporkan iPhone SE akan menggunakan prosesor A10 Fusion buatan Apple, dengan RAM 2GB dan memori internal 32GB atau 128GB, kamera belakang 12MP, kamera depan 5MP dan baterai berdaya 1.700 mAh.

Namun, semua ini tidak lebih dari rumor. Karena itu, sebaiknya Anda tidak memercayainya sepenuhnya. 


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.