CES 2018

Kacamata Pintar AR Didukung Alexa Muncul di CES 2018

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 08 Jan 2018 07:38 WIB
amazonces 2018
Kacamata Pintar AR Didukung Alexa Muncul di CES 2018
Perusahaan bernama Vuzix akan memamerkan kacamata cerdas dengan dukungan Alexa pada ajang CES 2018 mendatang.

Jakarta: Pada ajang Consumer Electronics Show (CES) 2018, perusahaan bernama Vuzix akan memperkenalkan kacamata cerdas AR Baru didukung asisten pribadi virtual Amazon, yaitu Alexa.

Kacamata cerdas karya Vuzix ini akan memungkinkan penggunanya untuk bertanya kepada Alexa dan membaca jawaban pada medium di arah pandangan pengguna. Informasi yang dapat ditampilkan termasuk harga saham, perolehan skor olahraga, dan data cuaca.

Sementara itu, menghadirkan Alexa di berbagai perangkat pihak ketiga dinilai dapat membantu Amazon dalam meningkatkan pendapatannya. Hal ini didorong oleh kemampuan Alexa mengatur agar pembelian hanya dapat dilakukan di Amazon.

Kacamata cerdas ini akan mulai dipasarkan pada kuartal kedua 2018, dengan penawaran harga sebesar USD1.000 (Rp13,3 juta). CEO Vuzix Paul Travers menyebut harga tersebut akan mengalami penurunan menjadi USD500 (Rp6,7 juta) pada tahun 2019.

Untuk dapat memanfaatkan kemampuan Alexa pada kacamata AR, pengguna harus menjadi pelanggan Amazon. Amazon mengaku tertarik terkait dengan potensi kacamata dan kemampuannya untuk menghadirkan Alexa kepada konsumen dengan cara baru.

Sebagai informasi, selama tahun lalu, Alexa juga telah mendukung sejumlah perangkat non-Amazon termasuk HTC U11, Huawei Mate 9 dan Moto Mod untuk seri Motorola Moto Z. Amazon juga mengumumkan akan segera merilis Alexa Mobile Accessory Kit.

Amazon menyebut kit ini ditujukan untuk membantu pengembang dalam menghadirkan asisten personal karyanya tersebut ke dalam berbagai perangkat seperti pelacak fitness, smartwatch dan perangkat lainnya.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.