Intel Resmi Umumkan Prosesor Baru, Adopsi GPU AMD Radeon

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 07 Nov 2017 14:40 WIB
amdintel
Intel Resmi Umumkan Prosesor Baru, Adopsi GPU AMD Radeon
Prosesor baru Intel bakal gunakan chip grafis Radeon

Metrotvnews.com: Intel dan AMD memang dikenal sebagai rival di pasar prosesor. Namun, baru-baru ini keduanya telah menjalin kerja sama membuat sebuah prosesor baru.

Prosesor tersebut bakal menggunakan CPU dari Intel dengan GPU Radeon terintegrasi di dalamnya. Langkah baru Intel dan AMD kali ini tentu akan mengubah lansekap industri PC ke depannya.

Berdasarkan laporan dari The Wall Street Journal, Intel mengumumkan  prosesor untuk perangkat laptop ultra thin. Yang menarik adalah prosesor tersebut merupakan hasil kerja sama Intel dengan AMD. Ya, ia merupakan prosesor pertama Intel yang menggunakan GPU atau chip grafis terintegrasi dari AMD Radeon.

Melalui prosesor barunya ini, Intel ingin menghadirkan sebuah platform laptop baru yang lebih tipis namun memiliki performa yang tidak kalah dengan laptop berukuran tebal lainnya. Dengan demikian, laptop yang menggunakan prosesor ini diperkirakan akan memiliki performa premium dengan form factor yang lebih fleksibel dan lebih tipis.



Intel memang tampaknya ingin memanfaatkan posisinya sebagai pemain utama di pasar laptop. Sementara AMD memiliki teknologi APU yang memungkinkan sebuah prosesor dapat memiliki GPU terintegrasi yang lebih baik. Penggabungan spesialiasasi keduanya memang akan sangat menguntungkan.

"Saat ini, kebanyakan laptop kelas enthusiast menggunakan prosesor Intel Core-H series ditambah sebuah GPU tambahan. Gabungan keduanya membuat ukuran laptop semkain tebal, yaitu sebesar 26mm. Ini membuat partner kami kesulitan merancang laptop tipis yang sedang menjadi tren saat ini," jelas pihak Intel.

Prosesor baru ini akan menggunakan CPU Intel Core generasi ke-8 dengan teknologi Core-H Series dan GPU AMD Radeon yang menggunakan teknologi High Bandwidth Memory generasi ke-2 atau HBM2. Intel dan AMD memang mengincar performa gaming AAA yang sangat mumpuni untuk dihadirkan di laptop ultra thin melalui prosesor baru ini.



"Kolaborasi AMD dengan Intel kali ini akan mengekpansi penggunaan GPU Radeon ke sebuah platform baru, yaitu berupa prosesor Intel dengan grafis terintegrasi dari Radeon. Ini akan memberikan solusi bagi pasar laptop saat ini," ujar Vice President sekaligus General Manager AMD Radeon Technologies Group, Scott Herkelman.

"Bersama Intel, kami akan menghadirkan laptop yang lebih ringan dan ringkas untuk para pengguna enthusiast serta profesional. Selain itu, laptop tersebut juga bakal bisa menghadirkan pengalaman gaming AAA yang sangat baik."

Intel adalah yang pertama kali memiliki ide untuk berkolaborasi. Dari AMD, pihak yang terlibat adalah dari Radeon Technologies Group yang memang memegang kendali teknologi grafis AMD Radeon. Tentu saja, harapan utamanya adalah prosesor baru ini bakal bisa membawa era komputasi baru ke konsumen.


(MMI)