Makin Banyak Orang Pamer iPhone X Retak

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 06 Nov 2017 13:48 WIB
iphone x
Makin Banyak Orang Pamer iPhone X Retak
Tampilan iPhone X yang mengalami retak di bagian punggungnya setelah dijatuhkan dari ketinggian 1 meter atau dikondisikan seperti jatuh dari kantong celana (foto: CNET)

Metrotvnews.com: iPhone X dipuji karena membawa teknologi baru dan desain yang berbeda ketimbang iPhone terdahulu. Meskipun begitu desain iPhone X tampaknya bukan menjadi bahan pujian melainkan pengalaman mengerikan bagi penggunanya.

iPhone memiliki desain menggunakan material kaca pada bagian belakangnya. Sudah banyak diprediksi material tersebut tidak menjamin daya tahan yang cukup baik seperti yang diklaim oleh Apple. Gawatnya lagi, harga perbaikan lapisan kaca pada punggung iPhone X mencapai separuh harga dari perangkatnya, yakni USD500.
 


Beragam pihak juga telah melakukan ujicoba berupa drop test dengan menjatuhkan perangkat iPhone X dari ketinggian tertentu. Menariknya, hal yang umumnya dilakukan oleh kalangan tertentu seperti YouTuber, reviewer maupun media justru semakin populer karena dilakukan oleh para pengguna iPhone X.
 
Berdasarkan laporan dari Uproxx, makin banyak pengguna iPhone yang mencurahkan kondisi perangkat mereka yang sama, yakni mengalami pecah dan retak di bagian punggung hingga layar dari iPhone X. Benar saja, hanya dalam kurun waktu baru beberapa hari, sudah banyak pengguna iPhone X yang tanpa sengaja menjatuhkan perangkat mereka dan membagikan ceritanya di media sosial, salah satunya di Twitter.

Berdasarkan unggahan yang beredar sebagian besar dari pengguna iPhone X menyangka bahwa klaim Apple tentang daya tahan lapisan kaca di punggung perangkat tersebut adalah benar. Namun, hampir sebagian besar pengguna iPhone X yang mengatakan bahwa hal tersebut tidak benar. ">


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.