Bos Twitter Pikir Bitcoin akan Jadi Satu-Satunya Mata Uang di Dunia

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Kamis, 22 Mar 2018 13:09 WIB
bitcointwitter
Bos Twitter Pikir Bitcoin akan Jadi Satu-Satunya Mata Uang di Dunia
CEO Twitter, Jack Dorsey. (AFP PHOTO / GETTY IMAGES NORTH AMERICA / Drew Angerer)

Jakarta: CEO Twitter dan Square, Jack Dorsey percaya bahwa bitcoin akan menjadi satu-satunya mata uang di internet dalam waktu dekat.

"Pada akhirnya, dunia hanya akan memiliki satu mata uang, internet hanya akan memiliki satu mata uang. Secara pribadi, saya percaya mata uang itu adalah bitcoin," kata Dorsey. Dia menyebutkan, hal ini "mungkin akan terjadi dalam waktu 10 tahun, tapi bisa saja lebih cepat."

Dalam waktu kurang dari 10 tahun, bitcoin telah berevolusi dari sesuatu yang hanya menarik minat sedikit orang menjadi aset yang diperjualbelikan secara global.

Harga mata uang virtual itu naik dari kurang dari USD1 ribu (Rp13,7 juta) menjadi lebih dari USD19 ribu (Rp261,2 juta) pada puncaknya pada Desember. Saat ini, bitcoin dihargai USD9 ribu (Rp123,7 juta). 

CNBC melaporkan, Dorsey memang menjadi semakin terlibat dalam mata uang virtual. Pada akhir Januari, aplikasi pembayaran mobile milik Square, Cash, mulai menawarkan pembelian dan penjualan cryptocurrency di sebagian besar negara bagian Amerika Serikat.

Dorsey juga ikut serta dalam pendanaan awal untuk Lightning Labs, startup yang mencoba untuk membuat transaksi bitcoin menjadi lebih efisien. 

Dorsey menyebutkan, perusahaan pemproses pembayaran seperti Square harus ikut membantu agar bitcoin bisa diterima lebih banyak orang. Namun, dia mengakui bahwa saat ini, bitcoin belum bisa menjadi mata uang yang efektif. 

"Bitcoin lambat dan memakan biaya besar, tapi semakin banyak orang yang memilikinya, masalah ini akan hilang. Ada teknologi lebih baru untuk mengembangkan blockchain dan membuatnya lebih mudah diakses banyak orang," kata Dorsey. 


(MMI)

Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.