Jelang Akhir 2017, Adopsi Android Nougat Baru Capai 20%

Cahyandaru Kuncorojati    •    Rabu, 15 Nov 2017 14:37 WIB
androidgooglesmartphone
Jelang Akhir 2017, Adopsi Android Nougat Baru Capai 20%
Patung Android Nougat yang terpajang di taman markas besar Google di Amerika Serikat

Metrotvnews.com: Beberapa bulan lalu, Google memgumumkan bahwa ada sekitar 2 miliar perangkat yang menggunakan sistem operasi buatannya, yaitu Android. Hal ini membuat Android menjadi sistem operasi yang paling banyak digunakan pada perangkat smartphone.

Sejak 2008, Android terus mengalami pembaruan. Mengutip laporan Google, sistem operasi Android 7.0 Nougat semakin populer belakangan ini. Namun, Android 6.0 Marshmallow masih tetap yang paling populer.

Data ini diperoleh Google dari pengamatan terhadap distribusi sistem operasi mereka. Pengamatan dilakukan selama 7 hari yang berakhir pada tanggal 9 November 2017. Setahun setelah Nougat dirilis, jumlah perangkat aktif dengan sistem operasi tersebut jumlahnya sudah semakin banyak.



Nougat tercatat berhasil menorehkan angka distribusi sebanyak 20 persen. Oreo sebagai versi Android terbaru pun juga mulai menunjukkan penaikan. Sayangnya, ini tidak terlalu signifikan mengingat sistem operasi tersebut baru hadir di perangkat yang meluncur pertengahan tahun ini, dan didominasi oleh smartphone segmen high-end.

Distribusi Android 8.0 Oreo hanya mencapai angka 0,3 persen. Marshmallow memimpin sebagai sistem operasi yang paling banyak ditemukan pada smartphone Android saat ini. Distribusinya mencapai 30,9 persen.

Di belakangnya ada Android Lollipop yang rupanya masih banyak ditemukan, 20,8 persen. Mengekor di belakang Lollipop ada KitKat yang juga masih mencatatkan angka distribusi sebanyak 13,8 persen.

Hal paling mengejutkan adalah sistem operasi Android Gingerbread yang dirilis 6 tahun lalu. Google mencatat masih ada 0,5 persen perangkat yang masih menggunakannya.


(MMI)

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie
Review Smartphone

Vivo V7+, Layar Luas Manjakan Pecinta Selfie

1 day Ago

Vivo V7 Plus kembali mengunggulkan kemampuan kamera depan, yang diklaim mampu memanjakan penggu…

BERITA LAINNYA
Video /