Pria Ini Buang HDD Berisi Bitcoin Senilai Rp1,1 Triliun

Riandanu Madi Utomo    •    Senin, 04 Dec 2017 14:06 WIB
bitcoin
Pria Ini Buang HDD Berisi Bitcoin Senilai Rp1,1 Triliun
Nilai bitcoin saat ini meroket tajam saat ini (AP/Mark Lennihan)

Jakarta: Tidak sengaja membuang barang berharga ke tempat sampah hingga tidak bisa ditemukan kembali memang sangat menyakitkan.

Mungkin belum pernah ada manusia yang membuang benda seharga Rp1,1 triliun ke tempat sampah secara tidak sengaja selain James Howells. Pria asal Inggris tersebut tidak sengaja membuang hard disk berisi sejumlah bitcoin.

Menurut berita yang dirilis Forbes pada tahun 2013, Howells yang merupakan warga Inggris secara tidak sengaja membuang hard disk komputernya saat membereskan rumah bersama teman dekat. Hard disk tersebut dikatakan berisi 7.500 bitcoin yang sudah dikumpulkannya sejak masa-masa awal bitcoin ditemukan.

Pada saat itu, Howells memang tidak terlalu mempedulikannya karena nilai bitcoin masih sangat rendah, yaitu hanya berada di kisaran USD13 (sekitar Rp175 ribu) per bitcoin. Namun, dengan nilai bitcoin saat ini yang semakin meroket hingga senilai USD11.499 per bitcoin, Howells mulai menyesali kejadian tersebut. Pasalnya, jika dihitung dengan nilai bitcoin saat ini, asetnya menjadi USD86 juta atau sekitar Rp1,1 triliun.

Kesalahan terbesar Howells pada saat itu adalah ia tidak membuat salinan data dari hard disk-nya sehingga bitcoin-nya hilang begitu saja. Saat ini mungkin hard disk yang berisi sejumlah bitcoin tersebut berada di bawah tumpukan sampah lainnya. Mencari hard disk tersebut tentu akan sama dengan mencari harta karun.

Bitcoin sendiri merupakan salah satu cryptocurrency atau mata uang digital yang sedang hangat diperbincangkan saat ini karena nilainya yang naik tajam. Berbeda dengan mata uang resmi lainnya, bitcoin tidak diatur oleh bank sentral.

Setiap transaksinya dikerjakan oleh komputer penambang bitcoin melalui teknologi blockchain. Nilai satu bitcoin saat ini berada di angka Rp160 juta.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /