Demi Negara, Tentara Rusia Dilarang Unggah Status Medsos

Cahyandaru Kuncorojati    •    Senin, 09 Oct 2017 19:27 WIB
teknologicyber security
Demi Negara, Tentara Rusia Dilarang Unggah Status Medsos
Personil militer Rusia melakukan selfie bersama Presiden Rusia Vladimir Putin

Metrotvnews.com: Tahun depan, militer Rusia tidak bisa menggunakan aplikasi media sosial. Departemen Pertahanan Rusia secara tegas melarang setiap anggota militer membuat unggahan di akun media sosial apapun.

Dilaporkan oleh BBC, Departemen Pertahanan Rusia sudah memasukkan rancangan peraturan larangan penggunaan media sosial di kalangan militer yang akan segera disahkan dan efektif  mulai Januari 2018.

Keputusan tersebut didasarkan pertimbangan bahwa bentuk konten apapun yang diunggah ke media sosial bisa menjadi data penting bagi musuh.

Departemen Pertahanan Rusia melihat bahwa kombinasi dari unggahan militer mereka di media sosial tidak berbeda dengan membocorkan strategi perang ke lawan. Fitur geolokasi yang tersemat pada setiap unggahan pun bisa menjadi data jelas tentang pergerakan militer tersebut di sebuah lokasi. 

Buktinya, di tahun 2014 bulan Juli, salah satu akun Twitter yang berafiliasi dengan militer Rusia mengunggah foto yang menggambarkan pasukan militer Rusia sedang mengirimkan senjata roket ke pemberontak Ukraina yang pro-Rusia. Unggahan tersebut ternyata berkaitan dengan usaha pemerintah Rusia yang menganeksasi semenanjung Krimea yang berada di wilayah Ukraina.

Padahal bagi badan intelijen Rusia, seperti FSB dan FSO, mereka sudah sejak jauh hari melarang penggunaan media sosial atau mengunggah konten terkait pekerjaan mereka. Sayangnya, hal ini tidak disadari oleh militer Rusia.

Jadi sebetulnya larangan ini bukan hanya berlaku pada jenis konten yang diunggah, tetapi berlaku untuk semua jenis unggahan di media sosial karena fitur geolokasi melekat pada setiap unggahan di media sosial dan geolokasi pada smartphone diklaim oleh banyak pihak intelijen mampu memberikan informasi lokasi yang akurat.


(MMI)

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah
Review Smartphone

Huawei Nova 2i, Jawaban 4 Kamera di Kelas Menengah

1 week Ago

Huawei Nova 2i dilengkapi dengan 4 kamera. Inilah ulasan lengkap performanya. 

BERITA LAINNYA
Video /