Headphone Sennheiser Ini Bisa Rekam Suara 3D

Riandanu Madi Utomo    •    Rabu, 04 Oct 2017 17:14 WIB
sennheiser
Headphone Sennheiser Ini Bisa Rekam Suara 3D
Sennheiser AMBEO SMART HEADSET

Metrotvnews.com, Jakarta: Apa Anda sadar, pesatnya perkembangan kualitas kamera smartphone saat ini tidak diimbangi dengan kualitas mikrofonnya? Sekarang, banyak orang membuat konten video menggunakan smartphone. Sayangnya, kualitas audio yang dihadirkan tidak sebanding dengan kualitas videonya, terutama dalam hal surround sound.

Menanggapi permasalahan tersebut, Sennheiser memperkenalkan AMBEO SMART HEADSET di Sennheiser Sound Forum 2017. Ia adalah headset sekaligus mikrofon untuk smartphone pertama di dunia yang memiliki fitur 3D recording. Ya, dengan menggunakan perangkat ini Anda bisa merekam video dengan kualitas audio surround 3D melalui smartphone. Apa rahasianya?

"Di in-ear headphone ini terdapat mikrofon, masing-masing pada bodinya. Dengan demikian, Anda akan memiliki dua mikrofon aktif berkualitas tinggi di sisi kanan dan kiri," ujar Assistant Product Manager, System Solution Sennheiser Asia, Garry Tjhin. "Anda akan bisa merekam suara dari berbagai arah, baik itu dari depan, samping dan belakang. Itu semua bisa dilakukan melalui fitur perekaman di smartphone."



Ya, AMBEO SMART HEADSET memiliki dua mikrofon khusus di setiap bodi in-ear miliknya. Dua mikrofon tersebutlah yang akan merekam dan memproses suara sehingga hasil perekaman bisa disajikan sebagai surround sound. Dengan demikian, Anda bisa merekam video atau melakukan siaran langsung melalui smartphone dengan kualitas audio yang jauh lebih baik.

Jika dilihat sepintas, AMBEO SMART HEADSET memang tidak berbeda dengan headphone in-ear lainnya. Ia bahkan dibalut dengan bentuk modern dan minimalis. Anda baru bisa membedakannya ketika mencoba headphone ini, terutama ketika Anda merekam video.



Pihak Sennheiser mengatakan produk ini memang dirancang secara spesifik untuk mereka yang sering merekam video melalui smartphone. Selain memiliki bentuk yang lebih simpel, AMBEO SMART HEADSET juga sangat mudah digunakan. Cukup dihubungkan melalui konektor USB di smartphone dan perangkat ini langsung bisa digunakan.

AMBEO SMART HEADSET baru akan dipasarkan akhir tahun ini dan harganya masih belum diumumkan. Headphone ini juga baru tersedia untuk perangkat iOS. Sementara untuk versi Android-nya tengah dikembangkan dan akan hadir setelah versi iOS dirilis.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.