CES 2018

Vivo Pamer Sensor Sidik Jari di Layar, Bagaimana Cara Kerjanya?

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Rabu, 10 Jan 2018 22:37 WIB
vivoces 2018
Vivo Pamer Sensor Sidik Jari di Layar, Bagaimana Cara Kerjanya?
Vivo adalah vendor pertama yang menggunakan sensor sidik jari pada layar.

Jakarta: Dalam ajang CES 2018, Vivo memamerkan smartphone pertama yang dilengkapi sensor sidik jari pada layar.

Menurut laporan CNET, pada ponsel itu, tidak terlihat adanya tombol Home. Pengguna cukup menekankan jarinya ke layar ponsel di tempat yang biasa menjadi tombol Home. Sidik jari akan terdeteksi dan ponsel akan terbuka. 

Meskipun terkesan simpel, kemungkinan, sensor sidik jari pada layar akan menjadi tren smartphone pada tahun ini. Kemungkinan, fitur ini akan tersedia pada smartphone kelas atas seperti Samsung Galaxy S9.

Namun, smartphone dengan sensor sidik jari yang terintegrasi pada layar pertama ini merupakan smartphone buatan Vivo, vendor asal Tiongkok. Sayangnya, masih belum diketahui nama, harga dan tanggal penjualan dari smartphone itu. 

Bagaimana cara kerja sensor sidik jari pada layar?

Sensor sidik jari itu dibuat oleh perusahaan sensor bernama Synaptics. Sensot tersebut ada di bagian bawah dari layar OLED ponsel Vivo. Ketika jari Anda menyentuh area tombol Home, kumpulan sensor pada bagian bawah layar akan menyala, menerangi jari Anda. Gambar dari sidik jari Anda kemudian akan diteruskan ke sensor gambar optikal di bawah layar. 

Sensor tersebut kemudian akan mengaktifkan prosesor AI yang telah dilatih untuk mengenali 300 karakteristik yang berbeda dari jari seseorang. Teknologi ini berbeda dari kebanyakan sensor sidik jari yang ada saat ini. 

Synaptics menyebutkan, sensor sidik jari ini tidak akan memakan terlalu banyak daya karena harus menyinari jari Anda. Mereka berjanji, manajemen daya mereka sesuai dengan standar industri.

Mengingat teknologi baru ini membutuhkan biaya yang lebih mahal, maka kemungkinan, fitur ini terlebih dulu hadir di smartphone premium, sebelum ia akan muncul di smartphone dengan harga lebih terjangkau seiring dengan semakin murahnya proses pembuatan sensor yang terintegarasi pada layar ini. 


(MMI)

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018
CES 2018

Lenovo Thinkpad X1 Teranyar Muncul di CES 2018

1 day Ago

Lenovo perkenalkan keluarga baru ThinkPad X1 yang terdiri dari tiga jenis perangkat sekaligus d…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.