Kalahkan Fitbit, Xiaomi Jadi Perusahaan Wearable Nomor Satu

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Jumat, 04 Aug 2017 15:41 WIB
xiaomifitbit
Kalahkan Fitbit, Xiaomi Jadi Perusahaan Wearable Nomor Satu
Xiaomi berhasil mengalahkan Fitbit. (VCG via Getty Images)

Metrotvnews.com: Untuk pertama kalinya, Xiaomi menduduki peringkat satu dalam industri wearable, menurut data dari perusahaan riset Strategy Analytics pada kuartal 2 ini.

Ini tentunya bukanlah kabar baik bagi Fitbit. Pada periode yang sama tahun lalu, Fitbit berhasil menjadi perusahaan pembuat wearable nomor satu dan menguasai hampir 29 persen dari pangsa pasar global. Ketika itu, Xiaomi dan Apple berada di bawah Fitbit dengan pangsa pasar 15 persen dan 9 persen.

Namun, seperti yang disebutkan oleh Engadget, hanya dalam waktu satu tahun, pangsa pasar Fitbit turun hingga kurang dari 16 persen. Sementara pangsa pasar Xiaomi justru naik menjadi 17 persen. Selain penurunan pangsa pasar, Fitbit juga harus menghadapi tuntutan.

Sebelum ini, Fitbit juga harus merumahkan 110 karyawannya dalan usahanya untuk menekan biaya operasional perusahaan. Sementara proyek smartwatch mereka masih menemui masalah. Saat Fitbit mengalami masalah, Xiaomi muncul dengan wearable yang juga fokus pada fungsi fitness dengan harga terjangkau.

Lain halnya dengan Apple, yang memilih untuk menyediakan wearable dengan fungsi ekstra. Pada kuartal satu tahun ini, penjualan wearable Apple lebih banyak dari Fitbit dan Xiaomi. Apple mungkin akan dapat kembali mengalahkan Xiaomi setelah mereka meluncurkan Apple Watch Series 3.

“Apple kini kalah dari Xiaomi karena mereka tidak memiliki produk dalam subkategori fitnessband. Namun, jika Watch Series 3 yang dirumorkan memiliki fitur pelacakan kesehatan canggih berhasil menarik hati masyarakat, maka Apple akan bisa kembali memenangkan posisinya sebagai perusahaan pembuat wearable terbesar,” ujar Strategy Analytics Director Cliff Raskind dalam sebuah pernyataan resmi.  


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.