Apple Hentikan Dukungan untuk iPod Nano Generasi Enam

Lufthi Anggraeni    •    Senin, 04 Sep 2017 13:25 WIB
apple
Apple Hentikan Dukungan untuk iPod Nano Generasi Enam
Apple menghentikan dukungan layanan dan pusat service untuk iPod nano generasi keenam yang diluncurkan pada 2010.

Metrotvnews.com: Pada 30 Agustus lalu, Apple secara resmi memasukkan Apple iPod nano generasi ke-6 pada daftar internal produk tua dan usang. Dengan kata lain, perangkat tersebut tidak lagi didukung oleh salah satu raksasa teknologi terbesar di dunia itu.

Menurut Phone Arena, sebuah memo tertulis terkait hal ini telah dikirimkan ke Apple Store dan pusat layanan resmi Apple. Pembuat iPhone itu merilis iPod nano generasi ke-6 pada bulan September 2010 lalu dan mulai berhenti memasarkannya dua tahun setelah peluncurannya.

Umumnya, Apple akan mendukung perangkat yang telah tidak dipasarkannya selama lima tahun setelah perangkat itu tidak lagi tersedia di pasar. Bulan September 2017 menandai tahun ke-5 setelah Apple berhenti memasarkan alat pemutar musik yang sempat popular di kalangan penggemar musik tersebut.

Dengan desain kotak dan ukuran kecil, iPod nano generasi enam dapat diubah menjadi versi awal dari Apple Watch dengan bantuan tali karya produsen pihak ke-3. Model ini menghilangkan roda yang dapat diklik, kamera video dan speaker yang sebelumnya tersedia pada perangkat generasi ke-5.

Sebagai gantinya, iPod nano generasi ke-6 ini mengusung layar sentuh, serta klip yang sebelumnya digunakan dalam iPod Shuffle guna membantu pengguna menyematkan perangkat pada pakaian mereka. Sementara itu, pemerintah negara bagian wilayah California meminta Apple tetap menghadirkan layanan untuk perangkat ini hingga bulan September 2019.

Perintah pemerintah salah satu negara bagian di Amerika Serikat ini memungkinkan pengguna iPod nano generasi ke-6 di wilayah tersebut untuk menghubungi layanan pelanggan via panggilan telepon khusus atau mengunjunginya di Apple Store terdekat.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

23 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.