AMD Mulai Kalahkan Penjualan Prosesor Intel

Riandanu Madi Utomo    •    Selasa, 05 Sep 2017 18:34 WIB
amdintel
AMD Mulai Kalahkan Penjualan Prosesor Intel
Penjualan prosesor AMD di Jerman kalahkan Intel pertama kali dalam satu dekade terakhir

Metrotvnews.com: Penjualan prosesor AMD tampaknya sedang berada di puncak.

Menurut WCCFTech, penjualan prosesor AMD di salah satu retailer terbesar di Jerman tercatat telah unggul dari Intel untuk pertama kalinya dalam satu dekade terakhir. Retailer bernama Mindfactory.de tersebut mencatat penjualan prosesor AMD bulan Agustus mencapai 56 persen.

Kenaikan penjualan prosesor AMD di retailer tersebut juga diperlihatkan terus bertumbuh sejak bulan Maret 2017, atau saat Ryzen pertama kali dirilis. Data menunjukkan adanya peningkatan pesat pada penjualan bulan Maret hingga April, yaitu dengan kenaikan hingga 9,5 persen. Lonjakan selanjutnya terdapat di bulan Mei hinngga Juni dengan kenaikan sebesar 5,4 persen.

Di bulan Agustus, penjualan prosesor AMD secara keseluruhan berhasil mengalahkan Intel dengan total penjualan hingga 56,1 persen. Sementara Intel hanya berada di angka 43,9 persen. Kehadiran prosesor HEDT Ryzen Threadripper tampaknya menjadi pemicu kenaikan penjualan prosesor AMD kali ini.



Sejauh ini, respons dari berbagai pihak memperlihatkan prosesor Ryzen Threadripper memang mendapat sambutan yang sangat positif karena tampil dengan konfigurasi core dan thread yang sangat besar, serta memiliki performa yang sudah semestinya. 

Sementara jajaran prosesor HEDT Intel yaitu Skylake-X dan Kaby Lake-X kurang mendapat samnbutan positif. Hal tersebut dikarenakan banyaknya pembatasan pada penggunaan prosesor ini. Harganya pun relatif lebih mahal dari Threadripper sehingga keduanya lebih tidak populer.


(MMI)

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT
Review Game

Penggemar Sejati Final Fantasy Boleh Main Dissidia Final Fantasy NT

23 hours Ago

Dissida Final Fantasy NT merupakan game sekaligus fan service bagi penggemar dan pengikut setia…

BERITA LAINNYA
Video /

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.