Tri Siap Uji Jaringan 5G pada 2019

Lufthi Anggraeni    •    Selasa, 11 Dec 2018 17:30 WIB
telekomunikasi
Tri Siap Uji Jaringan 5G pada 2019
Tri mengumumkan kesiapannya untuk melakukan uji coba jaringan 5G pada tahun 2019 mendatang.

Jakarta: Selama satu tahun terakhir, ranah telekomunikasi dunia bersiap dalam menyambut kehadiran generasi terbaru jaringan telekomunikasi, yaitu 5G. Persiapan ini dilakukan berbagai pihak, baik produsen chipset, produsen smartphone, juga operator seluler.

Tri Indonesia menjadi salah satu operator yang mengaku tengah bersiap dalam menyambut kedatangan jaringan tersebut, mendampingi Telkomsel, XL Axiata dan Indosat Ooredoo yang telah terlebih dahulu menyatakan kesiapannya.

“Saat ini, kami memang sedang melakukan persiapan untuk menyambut jaringan 5G. Kami akan uji coba jaringan ini pertama kali pada tahun depan. Mudah-mudahan pada ulang tahun kami yang ke-12,” ujar Chief Commercial Officer Tri Indonesia Dolly Susanto.

Dolly juga menyebut, gelombang pertama pengujian jaringan 5G ini akan dilakukan Tri Indonesia di wilayah Jakarta dan Jawa Timur terlebih dahulu, sebelum merambah ke wilayah lain di Indonesia.

Rencana pengujian jaringan 5G Tri Indonesia ini disebut Dolly didorong oleh informasi bahwa perangkat dengan kompatibilitas jaringan tersebut akan mulai dirilis produsen pada tahun 2019 mendatang, salah satunya berasal dari Samsung yang menggandeng tiga operator besar Amerika Serikat.

Menyoal kesiapan pengguna, pelanggan Tri disebut Dolly saat ini telah siap menyambut jaringan generasi baru tersebut. Selain itu, Dolly turut meminta media dan konsumen untuk bersiap menantikan kejutan yang dipersiapkan Tri Indonesia, dan akan diumumkan pada tanggal 30 Maret 2019 mendatang.

Saat disinggung menyoal jaringan Tri di Indonesia Timur, Dolly menyebut bahwa Tri Indonesia sangat berkomitmen dalam menggelar, memperluas serta memperkuat jaringannya di Indonesia. 

Tahun 2018 ini, lanjut Dolly, jaringan 4G Tri Indonesia telah tersebar di 16 ribu wilayah di seluruh Indo, dengan penyebaran terakhir telah mencapai wilayah Gorontalo. Dolly menyebut Tri akan secara agresif membangun jaringan berbagai wilayah, terutama di luar pulau jawa pada tahun 2019.

Agresivitas ini menjadi bentuk dukungan Tri Indonesia terhadap ambisi anak muda, terutama yang berkaitan dengan jaringan internet.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.