IBM Buat Pusat Keamanan Siber dalam Truk

Ellavie Ichlasa Amalia    •    Senin, 22 Oct 2018 14:01 WIB
ibmcyber security
IBM Buat Pusat Keamanan Siber dalam Truk
Truk dari IBM.

Jakarta: IBM telah membuat truk yang berfungsi sebagai tempat pelatihan keamanan siber. Tujuannya adalah untuk membantu masyarakat dan pelaku bisnis untuk melatih kemampuan keamanan siber mereka. 

Dua tahun lalu, IBM membuka pusat keamanan siber komersil pertama di Amerika Serikat. Tempat yang IBM pilih adalah Cambridge, Massachusetts. Tempat ini dibangun dengan tujuan untuk membantu perusahaan berlatih cara merespons simulasi serangan siber. 

Dalam sebuah bunker tanpa jendela yang penuh dengan data center, monitor, kendali atmosfer, puluhan work station, dan studio TV, para partisipan memiliki waktu empat jam untuk menyelidiki dan merespons simulasi serangan siber. 

Tempat pelatihan ini terbukti sangat populer. Sekitar dua ribu orang, termasuk CEO dan anggota dewan dari berbagai perusahaan, telah mencoba untuk memainkan simulasi IBM.

Karena itulah, IBM memutuskan untuk membuat tempat pelatihan kedua. Hanya saja, kali ini, tempat pelatihan tersebut bisa berjalan. 

Keputusan IBM ini mencerminkan bagaimana keamanan siber telah menarik perhatian berbagai perusahaan dan institusi, mulai dari perusahaan teknologi seperti Facebook dan Google, institusi perbankan, markas militer, dan juga penyedia layanan penting seperti air dan listrik. 

Mengingat banyak perusahaan terus berusaha untuk meningkatkan keamanan mereka, mereka tidak bisa mengirim tim keamanan mereka selama beberapa hari untuk mengasah kemampuan mereka dalam menghadapi serangan siber, lapor Seattle Times



Beberapa waktu lalu, IBM memperkenalkan mobile cyber command center, yang ada di dalam semitrailer truk. Truk yang disebut IBM sebagai cyber tactical operations center ini akan berhenti di berbagai kampus dan acara-acara terkait keamanan sebelum mengadakan tur di Eropa. 

Pada awalnya, truk ini dibuat untuk edukasi keamanan siber dan juga unit respons mobile. Namun, ini bisa menjadi tempat yang penuh dengan teknologi canggih agar para pelaku IT bisa melakukan eksperimen tentang cara menghadapi serangan siber. 

"Orang-orang telah menempatkan berbagai hal menarik ke dalam sebuah truk, tapi tidak ada orang yang pernah memasukkan cyber command center," kata Caleb Barlow, Vice President dari IBM Security. 

Di dalam truk ini, terdapat layar sepanjang 12 kaki. Selain itu, Anda juga akan menemukan kabel jaringan sepanjang 20 ribu kaki, dua parabola, pembangkit listrik dengan generator, dan menara lampu dengan intensitas cahaya 60 lampu depan mobile. Sebagai data center, terdapat beberapa rak server dan kontrol multimedia, yang memiliki ukuran seperti kulkas besar. 

Ketika sedang berjalan, truk ini terlihat seperti truk pengangkut barang biasa. Namun, ketika ia diam, ia bisa membuka, ukurannya bertambah menjadi tiga kali lipat. Di bawah kanopi truk, terdapat command post dengan 22 work stations dan ruang konferensi dengan enam tempat duduk. 

Tempat pelatihan pada truk ini mirip dengan tempat pelatihan IBM di Cambridge. Terdapat monitor touch screen pada tiga tembok, menunjukkan berbagai grafik, video, dan material forensik seperti kode malware.

Menggunakan tablet, para pekerja IBM bisa menyesuaikan apa yang tampil pada berbagai monitor di dalam ruangan. Dengan menekan satu tombol, lampu di ruangan bisa berubah dari warna biru menjadi warna merah. 

"Ini membuat adrenalin mengalir," kata Barlow. "Orang tanpa sadar bereaksi pada keadaan visual."


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.