iPhone 9 Meluncur Bulan November?

Lufthi Anggraeni    •    Sabtu, 02 Jun 2018 11:03 WIB
apple
iPhone 9 Meluncur Bulan November?
iPhone 9 dikabarkan akan meluncur pada bulan November mendatang, lebih lambat 2 bulan dari jadwal Apple pada umumnya.

Jakarta: Sejumlah pihak mempertanyakan panel yang akan digunakan Apple pada salah satu model iPhone terbarunya, dirumorkan akan berbekal layar berukuran 6,1 inci dan ditawarkan dengan harga terjangkau.

Rumor yang sebelumnya beredar menyebut bahwa Apple akan mengganti panel LCD dengan OLED. Sementara itu, iPhone 9 dikabarkan sebagai nama yang diusung model iPhone terbaru tahun 2018 berkamera belakang tunggal, akan diluncurkan pada bulan November medatang.

Ini mengindikasikan penundaan peluncuran ponsel ini selama satu hingga dua bulan dari jadwal Apple pada umumnya. Penundaan tersebut akibat permasalahan yang dihadapi Apple terkait dengan panel LCD.

Apple menugaskan JDI untuk menangani teknologi layar Full Active, dan LG Display untuk memproduksi panel berukuran 6,1 inci. Namun, desain poni berukuran lebih besar yang diunggulkan Apple memiliki permasalahan lebih besar dari prediksi.

Sumber dari industri ini menyebut permasalahan terkait kebocoran cahaya di sekitar poni di kedua pabrik, yang disebut sulit untuk dihindari, berpotensi menunda kehadiran ponsel cerdas tersebut di pasar. Sementara itu, LG telah merilis ponsel LCD karyanya berdesain poni di pasar, yaitu G7, dengan ruang lebih kecil.

Dengan ukuran 150,9mm x 76,5mm x 7,7mm, iPhone terbaru Apple ini akan menjadi ponsel berlayar besar pertama Apple yang mengusung bodi ringkas dan ditawarkan dengan harga terjangkau jika dibandingkan dengan harga standar smartphone Apple. Penawaran harga tersebut mengindikasikan harapan Apple terhadap penjualannya.

Di sisi lain, pengumuman iPhone berlayar LCD yang akan dilaksanakan setelah Apple mengumumkan ponsel penerus iPhone X dengan panel layar OLED, diperkirakan akan memaksa konsumen lebih memilih untuk membeli model dengan harga lebih mahal tersebut.

Hal ini dinilai sebagai kebalikan dari strategi Apple pada tahun 2017 lalu, mendorong penjualan iPhone X yang kurang bergairah jika dibandingkan dengan prediksi analis. Laporan terbaru memperingatkan, akibat penundaan peluncurannya, Apple hanya akan menjual 30-40 juta unit iPhone LCD pada tahun ini, dan 75 juta unit iPhone OLED.


(MMI)

Bagaimana Kami Menguji

Kami menguji produk dengan subjektif karena mengutamakan pengalaman penggunaan. Meski demikian, kesimpulan yang kami ambil juga didasari sejumlah data dari perangkat lunak tertentu yang kami gunakan untuk melihat kinerja produk.

Khusus untuk menguji perangkat keras dan perangkat lunak komputer, kami menggunakan konfigurasi yang identik untuk tiap produk. Berikut komponen testbed resmi Metrotvnews.com.

Hardware

  • Prosesor: Intel Core i7-7700K, AMD Ryzen 7 1800X
  • Motherboard: ASUS Z270F STRIX Gaming, MSI X370 Gaming Pro Carbon
  • VGA: MSI GTX 1080 Gaming X, ASUS RX 480 STRIX 8GB
  • RAM: Corsair Vengeance LPX 3200MHz (2x8GB)
  • Penyimpanan: Corsair Neutron XTi 240GB
  • PSU: Corsair RM850X
  • Case: MSI DIY Case
  • Monitor: ASUS PB287Q 4K, AOC C3583FQ
  • Keyboard: Logitech G900 Chaos Spectrum, Logitech G402 Hyperion Fury
  • Mouse: Logitech G440, Logitech G240
  • Headset: Logitech G430, Logitech G633

Software

Performa dan Baterai: PCMark 8, 3DMark, Crystal Disk Mark
Gaming: The Witcher 3: Wild Hunt, Ashes of Singularity, Tom CLancy's Ghost Recon Wildlands

Kami juga menggunakan metode pengujian yang sama untuk semua gadget. Meski di pasar tersedia beragam perangkat lunak benchmarking, kami hanya memilih tiga berdasarkan reputasi mereka yang diakui secara internasional, 3DMark dan PCMark 2.0.